Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh meluncurkan program 5.000 pohon sebagai upaya penghijauan dilingkungan kampus tersebut.

Acara penanaman perdana  program 5000 pohon itu pada Kamis, itu dihadiri sejumlah pejabat UIN Ar Raniry serta alumni dan ditandai dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Rektor Prof Warul Walidin.

“Ini merupakan program unggulan di UIN Ar-Raniry, kita berharap dukungan dari berbagai pihak untuk terwujudnya program penghijauan di kampus UIN Ar-Raniry, hari ini kita luncurkan  dengan ditanami satu pohon oleh salah seorang alumni yang baru saja menyelesaikan program doktor di Pascasarjana UIN Ar-Raniry,” ujar Rektor usai penanaman tersebut.

Lanjutnya, pohon yang pertama ditanam diawali oleh Dr. H. Anas M. Adam yang baru saja menyelesaikan program doktoralnya pada program studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana UIN Ar-Raniry tahun 2019.

“Program ini kita mulai dengan alumni doktor dan akan terus berlanjut, kita harapkan juga kepada alumni S2 dan bisa juga diharapkan partisipasi para alumni S1, apalagi ke depan akan memerlukan banyak pohon saat dibuka kampus baru di kawasan Cot Lam Mee Aceh Besar,” kata Warul.

Ia juga berharap, kampus UIN Ar-Raniry akan menjadi kampus hijau, program tersebut akan diikuti oleh dosen dan karyawan nanti nya.

Ke depan, tambahnya kampus UIN Ar-Raniry bukan hanya dikenal dengan Islami saja,  tapi juga bagus dari sudut pandang lingkungan hidup untuk mengembangkan sikap cinta lingkungan.

Sementara itu, Anas M Adam menyatakan bahwa program tersebut awalnya ide rektor UIN Ar-Raniry, untuk mendorong terlaksana program penghijauan kampus dengan upaya dan semangat membangun dari berbagai pihak.

“Ini merupakan ide pak Rektor, bagaimana menghijaukan kampus, tentu perlu upaya dan gerakan para alumni, kita berharap bukan hanya semangat menanam saja, namun juga harus dilihat dari sisi manfaat dari pohon yang ditanam,” pungkasnya.

Pewarta: Mabrur

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019