Sebanyak 191 jamaah haji Kloter II Gelombang II asal Kabupaten Aceh Timur dilepas Bupati Aceh Timur H Hasballlah HM Taib di halaman Masjid Agung Darussalihin Idi, Selasa (23/7).

Pada acara tersebut turut hadir Kapolres Aceh Timur, Dandim 0104/Aceh Timur, unsur Forkopimda lainnya, pejabat Kantor Kemenag Aceh Timur, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan ribuan keluarga dan tetangga jamaah calon haji.

Bupati H Hasballah. HM. Thaib dalam sambutan pelepasan berpesan, para keluarga yang ditinggalkan hendaknya dapat memudahkan para jamaah calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci dengan cara merelakan keberangkatan para tamu Allah.

Baca juga: Koper jamaah haji diberi tanda khusus

"Mari kita sama-sama mendo'akan tamu Allah ini agar lancar, sehingga aktifitasnya di Tanah Suci nanti lancar dan sempurna," kata Rocky, sapaan H Hasballah.

Di sisi lain, jamaah calon haji di daerah itu untuk menjaga pola makan dan kesehatannya. Begitu juga dengan ibadah wajib perlu diperioritaskan untuk dikerjakan seperti rangkaian rukun-rukun haji, sehingga nantinya benar-benar menjadi haji yang mabrur.

"Do'akan kami di Tanah Suci agar ke depan daerah ini tetap damai, aman dan rakyatnya sejahtera," tutur Rocky.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Aceh Timur, H Arijal, MSi, dalam laporan sebelumnya mengatakan, 191 calon haji akan bergabung dengan jamaah lainnya dari Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh.

Baca juga: Kloter pertama calhaj Aceh tiba di Jeddah

Kloter II rencananya akan diberangkatkan ke Tanah Suci, Rabu (24/7) sekitar pukul 23.15 WIB, sedangkan diterima di Asrama Haji Banda Aceh, Selasa (23/7) sekitar pukul 21.00 WIB.

"Selama di Mekah, para jamaah akan diinapkan di Wilayah Syisyah II/Sekor II Maktap 14 dengan nomor rumah 221," kata Arijal.

Ia mengharapkan, jamaah tetap menuruti bimbingan petugas agar tetap kompak dan bersama mulai dari pemberangkatan hingga kembali nantinya ke Tanah Air.

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019