Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Aceh akan mengembangkan desa wisata di Kabupaten Aceh Jaya guna membuka destinasi pariwisata baru di provinsi ujung Barat Indonesia tersebut.

"Aceh Jaya memiliki potensi pariwisata luar biasa. Dan ini tentu menjanjikan jika dikelola dengan baik. Karena itu, kami mencoba mengembangkan desa wisata di Aceh Jaya," kata Ketua ASPPI Aceh, Azwani Awi di Banda Aceh, Senin.

Kabupaten Aceh Jaya memiliki wisata bahari terbaik di Aceh. Selain wisata bahari, Aceh Jaya juga memiliki wisata alam seperti air terjun, arum jeram, dan lainnya. Termasuk wisata panorama Gunung Geurutee.

Dengan pengembangan desa wisata tersebut, potensi-potensi pariwisata bisa tergarap secara maksimal. Dan ini juga berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Ia menambahkan, pengembangan desa wisata merupakan program prioritas ASPPI Aceh. Kehadiran desa wisata diharapkan menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Aceh Jaya

"Kehadiran desa wisata di Aceh Jaya juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan dengan sendirinya membantu pemerintah daerah mengurangi kemiskinan dan pengangguran," kata Azwani Awi

Untuk merealisasikan program pengembang desa wisata, sebutnya, ASPPI Aceh bekerja sama dengan pemerintah daerah menggelar pelatihan kepariwisataan.

Pelatihan yang diberikan diantaranya pengenalan dan motivasi kepariwisataan, pengelolaan desa wisata, pengelolaan rumah tinggal atau home stay.

"Kami juga memberikan pelatihan menyusun paket wisata. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan sumber daya manusia, sehingga pengembangan desa wisata berjalan sesuai yang diharapkan," terangnya.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019