Seribuan anak tingkat TK dan SD dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti lomba mewarnai dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung diruas jalan dua jalur menuju komplek perkantoran bukit hijau, Desa Keude Paya, Kecamatan Blangpidie, tersebut di hadiri wakil bupati Abdya Muslizar, Senin.

Ketua Seksi kegiatan mewarnai, Amiruddin mengatakan, acara anak-anak mewarnai dilakukan sebagai upaya menumbuh kembangkan rasa kecintaan anak terhadap Tanah Air, bangsa dan negara.

Sehingga kecdepan anak-anak yang merupakan generasi bangsa akan datang bisa mengetahui serta memahami bagaimana Republik Indonesia tercinta ini dimerdekakan oleh para pejuang dari tangan penjajahan.

Baca juga: Seribuan warga Abdya jalan santai sambut HUT RI

"Acara ini juga bermaksud untuk menanamkan kecintaan anak-anak terhadap Tanah Air, bangsa dan negara.  Tujuan lain, juga untuk melatih anak-anak dalam berkreasi, dan kreatif sedini mungkin agar mereka ke depan bisa lebih mandiri," ujar Amir.

Sementara, Wakil Bupati Abdya, Muslizar dalam sambutannya mengatakan, lomba mewarnai yang diselenggarakan pemerintah daerah tersebut sebagai bentuk mengasah keterampilan anak-anak.

"Anak-anak merupakan awal mata rantai yang sangat menentukan wujud dan kehidupan suatu bangsa di masa depan,” jelasnya.

Oleh karena itu, katanya, untuk mempersiapkan generasi penerus sebagai pewaris bangsa yang berkualitas berarti membangun dan mensejahterakan kehidupan anak sedini mungkin.

“Dunia anak identik dengan bermain. Beberapa ahli menyatakan, bahwa bermain merupakan salah satu cara anak belajar, selain itu bermain dapat meningkatkan kesehatan fisik, mental dan sosial,” katanya.

Muslizar mengharapakan, dengan adanya kegiatan mewarnai ini kepedulian dan peran aktif para orang tua terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak-anak semakin meningkat.

Sehingga orang tua mampu memberikan yang terbaik kepada anak-anak mereka yang pada gilirannya akan memiliki generasi penerus yang dapat dibanggakan dan mengharumkan nama daerahnya.

“Pemerintah daerah mengelar berbagai kegiatan HUT RI ke-74 ini. mulai dari kegiatan jalan santai, lomba mewarnai, bola Kasti, lomba Catur, tarik tambang, hingga Carnaval dan panjat pinang,” tuturnya.

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019