Tim catur IIUM Malaysia siap bertanding dalam Event catur international berlebel "Unsyiah International Chess Championship", yang akan digelar di Gelanggang Mahasiswa Prof. A. Madjid Ibrahim, Darussalam, Banda Aceh, 6 - 7 Agustus 2019.

Koordinator program Kejuaraan Catur International Unsyiah, Dian Maulana, S.IP, WNP kepada wartawan di Banda Aceh, Selasa (5/8) mengatakan, tim catur Malaysia yang berkekuatan 12 pecatur dan seorang official telah tiba pagi tadi melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar.

Dian menyebutkan, event catur international ini direncanakan dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Ir Alfiansyah Yulianur Bc di Gelanggang Mahasiswa Prof. A. Madjid Ibrahim, Darussalam, Banda Aceh, Selasa (6/8) pagi.

Dijelaskannya, tim catur Malaysia akan mengikuti semua kategori dan nomor yang dipertandingkan yaitu kategori tim, individu nomor bughouse chess, rapid (catur cepat) dan blitz (catur kilat) putra - putri.

Katanya, para pecatur Malaysia yang akan bertanding dalam event tersebut juga pecatur kuat di kalangan mahasiswa di negaranya.

Sarjana Ilmu Politik alumni Unsyiah ini, mengungkapkan, tim catur tuan rumah Unyiah juga mengikuti semua nomor yang dipertandingkan, kategori putra dan putri. Diantaranya diperkuat dua atlet Pelatda Pra PON KONI Aceh, Klarisa Sabila dan Anisha Aprilia.

Disebutkannya, event catur international tersebut melibatkan perangkat pertandingan atau wasit yang dipimpin wasit dari Malaysia dan beberapa wasit nasional dari Indonesia.

"Panitia sudah siap untuk menggelar event catur international, Selasa (6/8). Persiapan sudah maksimal tinggal pelaksanaan saja," ujar wasit nasional pratama (WNP) ini yang aktif dan kreatif mengembangkan kegiatan catur mahasiswa Unsyiah ini.

Pewarta: Heru Dwi S

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019