Sejumlah rumah rusak setelah angin puting beliung menerjang Kecamatan Darul Aman dan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, Jumat (9/8) petang, namun tidak ada korban jiwa.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber menyebutkan, rumah yang rusak di Kecamatan Darul Aman meliputi rumah roko (ruko) milik Muliadi di Desa Dama Pulo Sa.

Selanjutnya rumah milik Khairul Falak di Desa Seuneubok Teungoh, Kecamatan Darul Aman, kemudian kios milik Zulfakri di Desa Matang Pineung, Kecamatan Darul Aman, Aceh Timur.

Baca juga: Angin kencang porak-poranda sejumlah bangunan di Aceh Utara

Selanjutnya, rumah yang mengalami kerusakan berat yakni milik Rosnawati di Dusun Tanjong Geunteng, Desa Beurandang, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur.

"Selain rumah milik Rosnawati, ada beberapa rumah lain yang dilaporkan rusak akibat diterjang angin puting beliung di Desa Paya Palas dan Seumanah Jaya," kata Camat Ranto Peureulak, Saiful, Jumat malam.

Dirinya saat ini sedang mengumpulkan informasi dampak dari bencana angin puting beliung di kecamatannya, namun dirinya bersama unsur muspika lainnya tidak bisa ke lokasi, karena hujan lebat masih mengguyur daerah pedalaman itu.

Baca juga: Angin kencang terbangkan atap rumah dan pohon bertumbangan di Aceh Jaya

"Paya Palas dan Seumanah Jaya berjarak 10-15 kilometer dari Pusat Pemerintahan Kecamatan Ranto Peureulak. Lampu juga sedang padam, sehingga kita masih menunggu laporan dari aparat desa setempat," tambah Saiful.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur, Syahrizal Fauzi, tadi malam membenarkan adanya rumah yang rusak diterjang angin puting beliung disejumlah titik.

Baca juga: Angin kencang tumbangkan pohon Banda Aceh

"Satgas BPBD masih di lapangan mendata rumah-rumah yang rusak, baik di Kecamatan Darul Aman atau Kecamatan Ranto Peureulak," katanya.

Untuk data rinci jumlah rumah yang rusak belum diketahui secara pasti, karena dirinya masih menunggu laporan dari satgas.

"Rumah yang rusak antara lain di Desa Matang Pineung, Dama Pulo Sa dan Seuneubok Teungoh, Kecamatan Darul Aman. Begitu juga di Kecamatan Ranto Peureulak antara lain Desa Paya Palas, Beurandang dan Seumanah Jaya," demikian Syahrizal Fauzi.

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019