Data di Posko Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur, rumah yang rusak diterjang angin puting beliung di sejumlah kecamatan di daerah itu kini menjadi 97 unit.

Puluhan rumah yang rusak di Kecamatan Darul Aman sebanyak 4 unit, Kecamatan Ranto Peureulak 69 unit, Kecamatan Julok 5 unit, Kecamatan Indra Makmu 4 unit, Kecamatan Nurussalam 1 unit, Kecamatan Darul Ihsan 1 unit, Kecamatan Peureulak 4 unit, Kecamatan Ranto Selamat 7 unit, dan Kecamatan Madat 1 unit.

Baca juga: Pohon cemara tumbang di Lhoknga akibat angin kencang

Kepala BPBD Aceh Timur, Syahrizal Fauzi di Idi, Minggu, menjelaskan, akibat dari bencana alam angin puting beliung yang terjadi, Jumat (9/8) sore telah berdampak terhadap kerusakan rumah penduduk dan fasilitas umum.

"Ada 10 fasilitas umum yang rusak dan 97 unit rumah penduduk yang rusak," katanya.

Baca juga: Kubah masjid dan tower radio dakwah di Aceh Utara juga rusak diterjang angin kencang

Sejumlah fasilitas umum yang rusak antara lain ruang belajar Balai Pengajia (BP), ruang belajar SD, mushalla, kantor UPT, Puskesdes, Balai Pertemuan, aula serbaguna desa dan masjid," sebut Syahrizal Fauzi.

Dampak terparah akibat angin puting beliung terjadi di Kecamatan Ranto Peureulak, karena sebanyak 69  unit rumah warga rusak yang tersebar di sembilan desa.

Baca juga: Angin kencang porak-poranda sejumlah bangunan di Aceh Utara

"Bahkan di kecamatan ini tercatat tujuh unit fasilitas umum juga rusak seperti balai pengajian, gudang sawit, gedung sekolah, balai pertemuan, mushalla, kantor UPT dan Puskesdes," rinci Syahrizal Fauzi.

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019