Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan, pemerintah provinsi di ujung barat Indonesia tersebut akan memfokuskan pembangunan sumber daya manusia guna melahirkan individu yang unggul.

"Pembangunan infrastruktur sudah dilakukan dan kini kita fokus kepada pembangunan sumber daya manusia. Tidak hanya Aceh, pembangunan sumber daya manusia juga dilakukan di seluruh Indonesia," kata Nova Iriansyah di Banda Aceh, Sabtu.

Pernyataan tersebut dikemukakan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menanggapi 74 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Nova Iriansyah mengatakan pembangunan sumber daya manusia dilakukan dengan pendidikan. Tanpa pendidikan, sulit bagi Aceh melahirkan sumber daya manusia berkualitas.

Selain pendidikan umum, pembangunan sumber daya manusia juga dilakukan dengan pendidikan vokasi. Pendidikan vokasi melahirkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan.

"Setelah itu, tinggal bagaimana mendorong investasi masuk ke Aceh, sehingga sumber daya manusia Aceh ini bisa terserap dan bekerja di negerinya sendiri," ungkap Nova Iriansyah.

Plt Gubernur menambah, Pemerintah Aceh juga memfokuskan penguatan syariat Islam. Syariat Islam merupakan kebanggaan masyarakat Aceh. Syariat Islam juga membedakan Aceh dengan provinsi lainnya

"Pembangunan sumber daya manusia dan penguatan syariat Islam dilakukan sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah dan program kerja pemerintah pusat," kata Nova Iriansyah.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019