Tujuh santriwan/ti berprestasi dibawah binaan Dinas Pendidikan Dayah (DPD) Kabupaten Aceh Timur, menerima piagam penghargaan dan diserahkan bupati Hasballah M Thaib atau Rocky yang dipusatkan di Aula Setdakab Aceh Timur di Idi, Kamis.

Bupati menjelaskan, santri berprestasi tersebut merupakan putra-putri daerah yang telah meraih meraih prestasi dalam berbagai even di tingkat nasional.

"Kami tidak inginkan membina putra-putri dari luar Aceh Timur, sebab masih banyak generasi daerah ini yang berpotensi untuk mengharumkan nama daerah ditingkat provinsi dan nasional," tegas Rocky.

Ia juga yakin bahwa putra-putri daerah itu memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan daerah lain, terbukti tahun lalu anak Aceh Timur menjadi perwakilan Aceh dalam MTQ Nasional di Sumatera Utara. 

"Kami tekankan para santriwan/ti yang sudah berprestasi nantinya bersedia menjadi pelatih yang akan membimbing dan membina generasi lain untuk mampu membawa nama baik daerah ini ke kancah nasional dan Internasional," demikian Rocky.

Sekda Aceh Timur M Ikhsan Ahyat mengatakan, selama ini Pemkab Aceh Timur melalui DPD setempat telah melaksanakan berbagai kegiatan pembinaan, seperti Cabang Tahfiz, Kaligrafi dan Tilawah. 

Para santriwan/ti ini dilatih oleh H Ahmad Muhajir selaku Qari Internasional.

Hasilnya, santri yang dibina DPD ini menjadi perwakilan Provinsi Aceh untuk mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Nasional 2019 di Pontianak, Kalimantan Barat.

Santri yang mendapat penghargaan Pemkab Aceh Timur yakni Sahula Ruzni (Juara II Cabang Hafizh 5 Juz Tilawah Putri). Muhammad Alfarisi (Juara Harapan I Cabang Hafizh 1 Juz dan Tilawah Putra). Kemudian Raudhatul Jannah dan Nuria Sinta, keduanya mewakili Aceh ke STQ Nasional.

Selanjutnya, tiga santri Aceh Timur juga mewakili Kampus IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, untuk mengikuti Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONER) di Malang, Jawa Timur. Ketiganya yakni Nuria Sinta (Juara Harapan I Cabang Hifzhil 10 Juz Putri), Haizatul Aina (Peringkat 12 Cabang Kaligrafi Naskah) dan Ti Sapura (Peringkat Ke 14 Cabang Khat Dekorasi). 
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019