Tim Penggerak PKK Aceh Tengah menggelar Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Buku) guna meningkatkan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak.

Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Tengah Puan Ratna di Takengon, Minggu, mengatakan bahwa upaya untuk menumbuhkan budaya membaca sejak dini dapat dilakukan dengan menjadikan membaca sebagai kebiasaan di rumah.

Baca juga: Pemkab Aceh Tengah waspadai penyakit hepatitis

Ia menambahkan, membiasakan membacakan buku untuk anak-anak juga bisa mengalihkan anak dari bermain gawai dan menonton acara televisi yang kurang sesuai untuk mereka.

"Kami berharap orang tua dapat mengawasi anak-anak dan menjauhkan dari gawai khususnya," kata Puan Ratna, yang juga Bunda PAUD Kabupaten Aceh Tengah.

Baca juga: Hasto Kristianto terima dokumen calon Ketua DPRK Aceh Tengah

Ia mengatakan bahwa Gernas Buku dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah dan dipusatkan di Tugu Aman Dimot, depan kantor Sekretariat Daerah Aceh Tengah.

Peserta kegiatan tersebut meliputi kelompok Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayah Kota Takengon seperti PAUD Bayangkari, PAUD AL-QUR’an Ruhama, PAUD TK Pembina Lut Tawar, dan PAUD Asyiah.

Baca juga: Aceh Tengah promosikan Kerawang Gayo di Expo Jogja

"Kami berharap Kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan di kecamatan-kecamatan dan kampung agar generasi gemar membaca di daerah ini dapat terwujud," demikian Puan Ratna.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019