Pengurus Provinsi Persatuan Panahan Indonesia (Pengprov Perpani) Aceh menargetkan sebanyak-banyaknya atau semua atlet yang dikirim mengikuti Prakualifikasi PON (Pra PON) bisa lolos ke PON XX/2020 di Papua.

Ketua Umum Pengprov Perpani Aceh, Dr Nyak Amir menyebutkan, guna mencapai target meloloskan banyak atlet ke PON akan merekrut 24 pemanah putra-putri  melalui seleksi daerah (Selekda) untuk dikirim ke Pra PON yang digelar di Jakarta, 21 - 29 September 2019.

"Kita juga melihat skor yang diraih atlet di Selekda, kalau kelayakan skor (nilai) hampir menyamai skor Kejurnas dan Pra PON akan kita kirim. 24 pemanah yang akan dikirim ke Pra PON bisa meraih skor kelayakan di Selekda," sebutnya kepada wartawan usai membuka Selekda di Lapangan Tugu, Darussalam, Banda Aceh, Sabtu (24/8) sore.

Baca juga: Anggaran KONI Aceh masih kurang, atlet Porwil X terancam berangkat dengan bus

Katanya, sudah ada enam atlet Pelatda KONI Aceh untuk Pra PON, hanya menambah 18 atlet lagi direkrut dari Selekda yang meraih skor layak PON. "Kalau tidak meraih skor kelayakan tidak kita kirim ke Pra PON. Kita kirim yang layak saja", katanya.

Nyak Amir menjelaskan,  atlet yang ikut Selekda merupakan hasil PORA XIII/2018 di Aceh Besar yang memiliki skor kelayakan. Para atlet juga telah mempersiapkan diri selama enam bulan di daerah masing-masing.

Ia berharap kepada para atlet bisa mendapat skor tertinggi di Selekda yang sama dengan atlet dari provinsi lain, sehingga bisa bersaing di Pra PON.

Baca juga: Aceh targetkan 10 besar PON 2020 Papua

Menurutnya, makin banyak atlet yang lolos ke PON berpeluang besar meraih medali. "Kita punya potensi dan peluang di beregu compound dan Mondir di recurve serta atlet lainnya untuk meraih medali di PON, namun harus lolos dulu dari Pra PON", katanya.

Disebutkan, dari Pra PON nanti ada kouta 133 atlet untuk PON Papua, terjadi pengurangan kouta dari PON sebelumnya. Begitu medali emas, di PON XIX/2016 Jawa Barat diperebutkan 19 emas, di Papua 15 emas, empat nomor dihilangkan.

Pada PON XIX /2016 di Jawa Barat, Aceh dengan lima pemanah meraih satu emas, satu perak dan dua perunggu, berada di lima besar.

Baca juga: Optimalkan Pelatda, KONI Aceh yakin raih hasil maksimal Pra PON XX dan Porwil X

Sementara itu Ketua Panitia, Kolonel CAJ (Purn), Dr Ahmad Husein dalam laporannya mengatakan, semula sebanyak 53 atlet akan ikut Selekda. Namun 10 atlet tidak hadir, sehingga yang mengikuti Selekda yang berlangsung dua hari, Sabtu dan Minggu (24 - 25/8/2019) sebanyak 43 pemanah.

Ia menyebutkan, yang diperlombakan di Selekda nomor ronde nasional, recurve dan compound putra-putri.

Pewarta: Heru

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019