Sejumlah rumah dan bangunan lainnya di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, rusak berat dan rusak ringan diterjang angin kencang yang melanda kawasan itu, Rabu (4/9) sore.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara Amir Hamzah, dihubungi di Aceh Utara Rabu malam membenarkan informasi tersebut, bahkan pihaknya sedang melakukan pendataan awal.

"Informasi yang sudah kita terima ada beberapa rumah dan bangunan lainnya di Kecamatan Lapang, Aceh Utara rusak berat dan rusak ringan, namun kami belum memiliki data konkret," kata Amir Hamzah menjelaskan.

Baca juga: Sebuah rumah di Aceh Utara roboh diterjang angin kencang

Berdasarkan data awal yang diterima BPBD, sambung Amir Hamzah, kerusakan rumah dan bangunan lainnya terjadi di empat gampong (desa) di Kecamatan Lapang, masing- masing Gampong Matang Tunong, Keude Lapang, Matang Baroh dan Gampong Kuala Cangkoy.

Meski demikian, pihaknya belum bisa menyatakan ada berapa unit rumah dan bangunan apa saja yang rusak, karena saat ini tim BPBD masih mengumpulkan data terkait kerusakan akibat angin kencang tersebut.

Baca juga: Jumlah rumah rusak akibat angin kencang di Aceh Barat capai 36 unit

"Informasi yang baru kami terima, kerusakan itu hanya baru dilaporkan terjadi di Lapang, kalau di Kecamatan Seunuddon dan lainnya belum ada laporan, sementara angin kencang ini terjadi sekitar pukul 18.30 WIB," terang Amir Hamzah.

Amir Hamzah menambahkan, sejauh ini belum ada laporan terkait adanya korban jiwa maupun korban luka-luka akibat angin kencang tersebut, tetapi pihaknya terus mengumpulkan informasi ini.

Baca juga: Pemkab Aceh Barat bantu korban angin kencang

Pihaknya berharap, agar pihak terkait di masing-masing kecamatan di Aceh Utara agar segera melaporkan ke BPBD, jika ada rumah maupun bangunan lainnya yang rusak akibat angin kencang tersebut, untuk segera dilakukan pendataan.

Pewarta: Zubir

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019