Ketua Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Provinsi Aceh, Prof Dr Ir Abdi A Wahab MSc mengatakan lembaga tersebut mempunyai tugas menyukseskan program unggulan pemerintah provinsi yaitu "Aceh Carong" (cerdas), sehingga seluruh masyarakat di daerah yang dijuluki "Serambi Mekkah" itu menjadi pintar.

"Untuk itu, keberadaan MPD diharapkan mampu menentukan arah pendidikan yang lebih baik di Aceh," kata Prof Abdi A Wahab dalam kegiatan Rapat Kerja MPD Aceh di Meulaboh, Jumat.

Dengan adanya kegiatan ini, lanjut dia, nantinya diharapkan dapat merumuskan isu, kebijakan dan sinkronisasi dalam rangka mendukung kerja lembaga tersebut di seluruh Aceh, sehingga berdampak terhadap kemajuan pendidikan di setiap daerah.

Menurutnya, Kabupaten Aceh Barat dipilih menjadi tempat pelaksanaan rapat kerja tersebut karena kabupaten tersebut merupakan daerah yang sarat dengan sejarah.

Apalagi daerah ini bupati yang sangat peduli dengan dunia pendidikan.

"Aceh Barat adalah daerah orbit pendidikan dan pendidikannya yang paling maju di Barat Selatan Aceh" katanya menambahkan.

Sementara itu, Bupati Aceh Barat H Ramli MS dalam mengatakan MPD merupakan faktor utama dalam menentukan arah pendidikan yang bernuansa kearifan lokal yang Islami.

Ia mengharapkan agar lembaga tersebut dapat membantu setiap kepala daerah di Aceh dalam mengambil keputusan dan kebijakan arah pendidikan.

"Saya sering berkoordinasi dengan MPD Aceh Barat dalam menentunkan kebijakan arah pendidikan di Aceh Barat," katanya.

Ramli juga mengakui saat ini, Aceh Barat juga sudah melahirkan kurikulum agar tengku pasantren bisa mengajar di sekolah umum guna meningkatkan ilmu pengetahuan agama bagi anak didik di daerah itu.

"Harapan saya Majelis Pendidikan Daerah mampu merubah warna pendidikan di Aceh agar lebih Islami," pintanya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019