Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Perhubungan setempat dalam waktu dekat segera mengoperasikan Terminal Bus Tipe B bantuan Kementerian Perhubungan yang sudah dibangun sejak tahun 2015.

Bangunan yang berlokasi di kawasan Desa Ujong Tanjong, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat tersebut nantinya akan menggantikan operasional terminal bus lama yang saat ini berlokasi di ruas Jalan Singgah Mata I, Meulaboh.

"Insya Allah, jika tidak ada kendala, dalam tahun 2019 ini bangunan terminal bantuan pemerintah tersebut segara kita operasikan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Barat Tarfin kepada ANTARA di Meulaboh, Minggu.

Menurutnya, operasional terminal bus tersebut nantinya diharapkan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat di daerah itu, termasuk masyarakat yang berdomisili di sekitar terminal.

Pihaknya berharap dengan pemindahan lokasi terminal, juga akan mampu meningkatkan lapangan kerja baru bagi masyarakat dan mampu menggerakkan ekonomi di daerah.

"Pemerintah daerah berharap operasional terminal tersebut akan mampu menjadikan Aceh Barat sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah pantai barat selatan Aceh," kata Tarfin menambahkan.

Sejauh ini sejumlah pengusaha angkutan umum, bus dan pihak terkait juga sudah menyatakan diri dan setuju jika nantinya operasional terminal bus lama, dipindahkan ke bangunan baru.

Tarfin juga berharap pemindahan lokasi terminal bus akan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Aceh Barat, sebagai salah satu sumber penerimaan resmi pemerintah daerah.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019