Aparat kepolisian yang bertugas di jajaran Polres Aceh Barat Daya (Abdya) membagikan 10 ribu masker gratis ke pengendara roda dua, sebagai upaya pencegahan timbulnya penyakit ISPA pada masyarakat.

"Masker ini kita bagikan untuk masyarakat mengingat kabut asap hingga saat ini masih ada di Abdya. Jadi, masker ini bertujuan untuk menghindari masyarakat kita dari bahaya ISPA," kata Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori melalui Kabag Ops AKP Haryono di Blangpidie, Rabu.

Baca juga: Hari ketiga dampak kabut asap, penerbangan di Rembele masih terhenti

Kabag Ops AKP Haryono berpesan para pengendara yang sedang menempuh perjalanan agar berhati-hati dan tetap menjaga ketertiban lalu lintas, sebab, dengan adanya kabut asap ini jarak pandang kian terbatas.

"Kami meminta para pengendara menghidupkan lampu kendaraannya dan tetap menggunakan masker serta dapat mengurangi laju kecepatan," pesan Haryono ke pengendara di sela-sela pembagian masker pada jalan nasional di Desa Geulumpang Payong, Blangpidie, Abdya.

Baca juga: Kabut asap mulai berkurang di Aceh

Haryono berkata, dengan terjadinya peristiwa kebakaran hutan dan lahan di provinsi tetangga saat ini, masyarakat di Kabupaten Abdya diharapkan dapat mengambil sebuah pelajaran terkait bahayanya membakar hutan.

"Kita meminta agar masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, sebab dampaknya sangat merugikan kita, baik secara aktivitas dan kesehatan. Selain itu juga sangat berdampak pada kondisi warga dalam mencari nafkah," pesan Haryono.

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019