Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat mengimbau masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai dan pedalaman di daerah itu agar mewaspadai banjir.

Kepala BPBD Aceh Barat Mukharuddin diwakili Koordinator Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) Mashuri di Meulaboh, Sabtu sore, mengatakan peningkatan intensitas hujan yang melanda daerah itu sejak satu pekan terakhir, telah memicu banjir di kawasan pedalaman, khususnya di Kecamatan Woyla Timu.

"Saat ini kami bersama petugas masih melakukan pemantauan ke daerah rawan banjir, untuk sementara banjir sudah menggenangi satu lokasi, yakni di Desa Gampong Baro KB, Kecamatan Woyla Timur," kata dia kepada ANTARA.

Baca juga: Siswa dua sekolah di Aceh Barat tak bisa belajar karena banjir

Meski sudah ada laporan genangan banjir, hingga saat ini para warga yang terdampak banjir di daerah pedalaman setempat belum mengungsi.

Mereka masih bertahan di rumah masing-masing karena genangan air masih sebatas lutut orang dewasa.

Namun, bagi masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai, BPBD Aceh Barat mengimbau mereka agar lebih waspada karena saat ini intensitas guyuran hujan, khususnya pada malam hingga pagi hari, masih terus terjadi.

Masyarakat setempat juga diimbau tidak beraktivitas di lokasi rawan luapan banjir demi menghindari hal yang tidak diinginkan, khususnya saat musim hujan seperti saat ini.

BPBD Aceh Barat juga masih melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan menunggu perkembangan guna membantu masyarakat yang terdampak banjir di daerah pedalaman.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019