Bupati Aceh Barat, Provinsi Aceh, H Ramli MS berharap kalangan pelaku usaha konveksi lokal di daerah itu agar dapat mengembangkan batik khas Aceh Barat dan Provinsi Aceh, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap pakaian batik di Indonesia.

"Selama ini kita sangat jarang menemukan batik yang memiliki ciri khas lokal di daerah, saya berharap melalui Peringatan Hari Batik Nasional di tahun 2019 ini, kedepan akan lahir aneka motif batik khas Aceh," kata Bupati Ramli MS kepada Antara, Rabu di Meulaboh.

Menurutnya, peluang bisnis pakaian jadi dengan motif batik khas Aceh atau pun khas di setiap kabupaten/kota di Aceh hingga kini masih sangat menjanjikan apabila dikembangkan dengan serius oleh pelaku usaha.

Bahkan, apabila ada masyarakat di Kabupaten Aceh Barat yang berminat mengembangkan produk lokal tersebut, maka pemerintah daerah akan mendukung sepenuhnya program tersebut karena sangat berdampak positif terhadap kemajuan perekonomian masyarakat.

Tidak hanya itu, produk unggulan lokal juga dapat memacu tingkat kunjungan wisatawan ke Aceh, karena memiliki keunikan tersendiri apabila masyarakat luar mengunjungi daerah tersebut.

Ramli MS juga meminta masyarakat dan aparatur sipil negara (ASN) di daerah ini agar seringg menggunakan pakaian batik, baik di acara resmi atau pun tidak resmi.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap batik di Indonesia sebagai warisan budaya dan mencintai hasil karya anak bangsa dengan membeli produk unggulan lokal tentunya, tuturnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019