Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh menyalurkan bantuan masa panik berupa sandang dan pangan untuk korban angin puting beliung di kabupaten Gayo Lues, Minggu.

Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial, Rohaya Hanum mengatakan bantuan sebanyak satu truk tersebut akan diserahkan untuk 30 kepala keluarga bencana angin puting beliung, yang terjadi Jumat (4/10) lalu.

"Sebagai pemerintah kami tentu akan membantu apa yang bisa kami bantu, setidaknya bisa meredakan sedikit kesedihan yang dialami oleh masyarakat korban angin puting beliung," kata Rohaya. 

Dia menjelaskan, bencana puting beliung tersebut terjadi di dua desa kabupaten setempat, yakni Desa Rema dan Desa Tampeng, Kecamatan Kuta Panjang.

Kata dia, bencana tersebut merusak masing-masing 15 unit rumah di Desa Rema, 15 unit rumah di Desa Tempeng. 

Kata dia, bantuan tersebut diserahkan Rohaya Hanum kepada Bupati Gayo Lues Muhammad Amru  yang didampingi oleh Tagana, TKSK, dan relawan pelopor perdamaian Gayo Lues di halaman pendopo bupati setempat. 

Selain itu, dia menyebutkan, Dinas Sosial Aceh tidak hanya menyerahkan bantuan sandang pangan tetapi juga berusaha untuk membantu bahan bangunan rumah (BBR) agar rumah yang telah rusak diterjang puting beliung dapat diperbaiki dan bisa kembali dihuni.

"Kita akan mengusulkan permohonan (bantuan BRR) ini ke Kementerian Sosial karena jumlah rumah yang rusak cukup banyak," kata dia.

Sementara itu, Muhammad Amru berterimakasih atas bantuan masa panik pemerintah bagi masyarakat korban bencana puting beliung tersebut. Menurutnya hal itu bentuk merespon cepat pemerintah terhadap peristiwa bencana di Aceh.

"Kami Pemerintah Kabupaten Gayo Lues sangat berterimakasih kepada Pemerintah Aceh yang melalui Dinas Sosial Aceh telah dengan cepat menanggapi bencana ini," katanya.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019