Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyatakan perguruan tinggi adalah mitra sukses Pemerintah Aceh dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Sebagai lembaga pendidikan UIN Ar-Raniry sangat dibutuhkan Pemerintah Aceh untuk ikut serta berkontribusi membangun provinsi ini. Negara maju sekali pun juga bergandengan tangan dengan perguruan tinggi,” kata Nova Iriansyah di Darussalam, Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menghadiri silaturahmi akbar alumni Universitas Islam Negeri Ar- Raniry dan civitas akademika UIN Ar-Raniry dalam rangka Milad UIN Ar-Raniry ke- 56 di Auditorium Ali Hasyimi, Banda Aceh.

Ia menjelaskan sebagai salah satu kampus jantung hati rakyat Aceh, sudah sepatutnya pemerintah dapat menggantungkan harapannya kepada perguruan tinggi, karena perguruan tinggi akan mampu untuk melahirkan putra dan putri daerah untuk menjadi sumber daya manusia handal sehingga dapat mewujudkan cita-cita rakyat Aceh untuk membawa masa depan Aceh ke arah yang lebih maju dan sejahtera.

Nova mangatakan kedua kampus yang dianggap jantung hati rakayat Aceh tersebut memiliki konsentrasi keilmuan yang tidak dapat dibandingkan dengan Unversitas lainya.

Menurut dia UIN Ar Raniry menitik beratkan keilmuan berbasis kesyariah yang sejalan dengan program Pemerintah Aceh yang saat ini sedang digodok mengenai penerapan Lembaga Keuangan berbasis Syriah (LKS).

“Pemerintah Aceh bersama dengan DPRA sudah menyepakati bahwa seluruh lembaga keuangan di Aceh harus sudah beralih ke LKS. Nantinya tidak hanya akan diterapkan pada perbankan saja, termasuk juga lembaga yang bergerak di bidang keuangan.

Ia berharap Pemerintah Aceh dapat terus bersinergi dengan UIN Ar-Raniry dalam pengembangan LKS kedepan, agar penerapan LKS tersebut dapat berjalan baik dengan bantuan cendikiaan muslim yang di hasilkan UIN Ar Raniry.

Rektor Uin Ar Raniry Prof Warul Walidin mengatakan siap membantu Pemerintah Aceh dalam program lembaga keuangan syariah dan bidang lainnya dalam ikut serta berkontribusu membangun provinsi tersebut.

Dikatakan,  sebagai pusat syariah perbankan dan ekonomi syariah di Aceh, UIN Ar- Raniry saat sudah berhasil meraih dua  predikat terbaik dalam bidang ekonomi syariah .

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019