Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh akan menyelenggarakan acara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 pada Kamis (24/10), mengangkat tema konsolidasi santri membangun negeri.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El Madny di Banda Aceh, Selasa, mengatakan peringatan puncak hari santri nasional ke 5 bertemakan konsolidasi santri membangun negeri tersebut akan menghadirkan sekitar 5.000 santri dari berbagai dayah-dayan di kota Banda Aceh dan kabupaten Aceh Besar.

“Insya Allah upacara kita pusatkan di lapangan Blang Padang (Banda Aceh) dan dihadiri sekitar lima ribu santri dengan pakaian khas santri, memakai sarung dan peci," ujarnya.

Usamah menambahkan momentum dari peringatan hari santri nasional tersebut merupakan peran dan konsolidasi santri dalam membangun Indonesia.

Ia menyebutkan, dengan harapan agar segala potensi yang dimiliki para santri-santri Aceh akan terkonsolidasi dengan baik, kemudian akan didayagunakan dan didistribusikan dalam membangun Aceh masa depan. Sehingga para santri Aceh yang hebat akan menghasilkan Aceh yang hebat.

“Insya Allah, Plt Gubernur Aceh, Pangdam Iskandar Muda, Kapolda Aceh dan seluruh unsur Forkopimda Aceh juga mengenakan baju koko, peci dan kain sarung puncak peringatan hari santri nasional," jelasnya.

Dia mengemukakan, dalam upacara tersebut yang bertindak sebagai inspektur upacara yakni Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Usamah mengharapkan seluruh dukungan dan partisipasi dari seluruh pihak dalam menyukseskan puncak hari santri di daerah berjulukan serambi mekkah.

"Selain para pimpinan, seluruh tamu undangan dari seluruh instansi di Aceh juga ikut mengenakan peci dan kain sarung," katanya.

 

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019