Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh berharap Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh menjadi lembaga yang bermanfaat bagi seluruh komponen masyarakat di Provinsi Aceh dan Indonesia.

"STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh diharapkan selalu membawa entitas keagamaan dan ruh Islam dalam setiap aktivitasnya," kata Bupati Aceh Barat H Ramli MS diwakili Asisten III bidang Keuangan dan Sumber Daya Manusia, Mulya Agus  di Meulaboh, Rabu.

Baca juga: Lantik Prabowo, Bupati Aceh Barat sebut Presiden Jokowi negarawan sejati

Lembaga pendidikan tinggi ini juga diharapkan dapat berperan sebagai lembaga yang memberikan masukan berbeda dibandingkan dengan perguruan tinggi umum, mulai dari perilaku maupun pengetahuan keagamaan.

Menurutnya, sebagai perguruan tinggi Islam, STAIN Meulaboh harus mengajarkan tentang ajaran Islam yang rahmatan lil 'alamin (bermanfaat bagi semua insan), serta fokus dalam pembinaan ilmu keagamaan yang relevan dan dibutuhkan oleh masyarakat dengan kondisi saat ini.

Baca juga: Aceh mulai terapkan peradilan hukum adat tanpa Pengadilan Negeri

Sementara itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr Inayatillah, MAg dalam sambutannya mengatakan pihaknya menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dan berpartisipasi penuh dalam memajukan pendidikan di Aceh Barat.

Ia berharap, semua pihak dan elemen yang ada, dapat terus beriringan dalam memajukan lembaga pendidikan tinggi ini sebagai pusat pendidikan Islam di kawasan barat selatan Aceh.

Kepala Seksi Teritorial Korem 012 Teuku Umar, Adhe Hansen mengatakan pihaknya senang dan bangga dengan kehadiran STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh sebagai keluarga baru di daerah ini.

Kehadiran lembaga tersebut diharapkan akan memberi warna baru dan kemajuan dalam dunia pendidikan di Aceh.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019