Pemerintah Aceh melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) mendorong para pemuda di daerah berjulukan "Serambi Mekkah" itu untuk menggalakkan wirausaha, guna mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Momentum Hari Sumpah Pemuda ini, kita perlu  galakkan pemuda-pemuda kita untuk berwirausaha. Selama ini sudah banyak pemuda kita berwirausaha," kata Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Aceh, Saifullah, di Banda Aceh, Sabtu.

Dia menyebutkan, provinsi paling barat Indonesia itu memiliki potensi kekayaan alam yang melimpah. Hanya saja pemuda di "Tanah Rencong" itu perlu meningkatkan sumber daya manusia sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Aceh memiliki banyak potensi. Apalagi sekarang ini sektor kuliner yang bisa menyerap banyak tenaga kerja dan begitu juga dengan sektor-sektor lain. Ini juga dalam upaya menekan pengangguran di kalangan pemuda kita," kata dia.

Menurut dia, banyak sektor yang bisa dikembangkan para pemuda di Aceh, namun masih keterbatasan sumber daya manusia, sehingga selama ini pemerintah hadir untuk memberi berbagai pelatihan-pelatihan wirausaha kepada putra-putri penerus bangsa tersebut.

"Selama ini kita juga ada membuat pameran inovasi. Banyak prestasi pemuda Aceh dengan inovasi-inovasinya. Seperti dalam pameran itu ada pemuda dari Aceh Utara yang membuat minyak rambut dari tumbuh-tumbuhan, tentu banyak inovasi-inovasi lain yang dipamerkan. Ini perlu kita kembangkan," kata dia.

Selain itu, Saifullah menyebutkan Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober itu pada tahun ini mengangkat tema "Bersatu kita maju".

Di Aceh peringatan tersebut, selain upacara juga dipadukan dengan tausiah dan ikrar damai.

"Pak Gubernur Aceh nanti akan menjadi inspektur upacara. Hari itu juga kita akan ada pengumuman 11 pemuda Aceh yang berprestasi nasional dan internasional," kata dia.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019