Bupati Aceh Barat, Provinsi Aceh, H Ramli MS memberi semangat dan motivasi kepada ratusan pengungsi di Desa Gunong Pulo, Kecamatan Arongan Lambalek, Sabtu (2/11).

"Motivasi yang kita berikan ini agar masyarakat khususnya korban banjir dapat kembali bersemangat meski didera musibah," kata Ramli di Meulaboh.

Menurutnya, dampak dari musibah tersebut menyebabkan harta benda masyarakat, ternak dan aktivitas ekonomi masyarakat di daerah ini ikut terganggu dan menyebabkan kerugian di kalangan masyarakat.

Untuk itu, ia berharap, dengan bantuan yang diserahkan bersama PT Bank BNI Cabang Meulaboh tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para korban bencana banjir.

Selain itu, sepanjang Sabtu siang, Bupati Ramli MS juga memimpin langsung penanggulangan banjir di daerah itu dengan cara melihat proses pembelahan muara sungai di kawasan Suak Ketang, Desa Gampong Cot, Kecamatan Samatiga.

Ada pun desa yang masih terendam banjir diantaranya Desa Gampong Teungoh, Pucok Lueng serta Gampong Cot, Kecamatan Samatiga.

"Dengan adanya pembelahan muara sungai kecil ke laut ini, semoga genangan banjir yang terjadi di desa dapat segera surut," katanya.

Penanggulangan banjir tersebut ia lakukan setelah mendapatkan berbagai laporan dari masyarakat kepada dirinya hingga Sabtu dini hari.

Ia juga sudah memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar segera melakukan antisipasi banjir, dengan mengerahkan satu unit alat berat excavator ke lokasi muara.

"Apabila muara sungai ini tidak dikeruk, kita khawatir masyarakat di desa tidak akan bisa menanam padi," kata Ramli MS menambahkan.*

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019