Pemerintah Kota Sabang menggelar kegiatan Sabang International Freediving Competition (SIFC) 2019, yang bertujuan untuk promosi wisata bahari kota setempat sekaligus dalam upaya mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Selain untuk promisi wisata bahari Sabang, tentu event ini juga bermanfaat dalam mendongkrak perekonomian masyarakat kita," kata Walikota Sabang Nazaruddin melalui Kepala Bidang Pemasaran Disparbud, Murdiana di Sabang, Kamis.

Dia menyebutkan perhelatan SIFC tahun ini diikuti sebanyak 40 perserta dari 17 negara di dunia. Kegiatan itu berlangsung sejak 2-7 November 2019. Freediving itu menjadi favorit wisatawan untuk menikmati keindahan pulau terluar paling barat Indonesia itu.

Baca juga: Atlet freediving internasional kagum Teluk Balohan Sabang

Kata dia, para peserta itu sebelumnya telah tiba di Sabang sejak dua pekan sebelum kompetisi itu dimulai. Mereka latihan terlebih dahulu untuk mengenal kondisi laut Pulau Weh itu sebelum bertanding. 

Karena itu, kata dia, selama di Sabang tentu para pesert banyak aktivitas yang dilakukan dan berdampak pada  perekonomian masyarakat.

"Mereka datang ke sini membawa timnya, bahkan ada juga yang membawa keluarga. Jadi saat mereka disini mereka menginap, berbelanja, menyewa mobil, motor dan banyak lainnya, tentu ini berdampak bagi perekonomian masyarakat kita," kata dia.

Baca juga: Peserta lomba Internasional freediving mulai latihan di Sabang

Dia mengatakan SIFC itu rutin dilakukan setiap tahun, dengan tujuan untuk mempromosikan wisata bahari Kota Sabang. Maka dengan diselenggarakan kegiatan ini saban tahunnya juga diharapkan dapat terus mendongkrak kunjungan wisatawan. 

"Tujuan acara ini juga kita ingin memperkenalkan spot diving di Kota Sabang. Memang ini termasuk dalam olahraga ekstrem, ini juga sport tourism, tapi para diver sangat antusias mengikuti kompetisi freediving ini," katanya.

Baca juga: Sabang International Freediving promosikan wisata laut Aceh

Selain itu, Murdiana juga mengatakan Teluk Balohan itu terletak tidak jauh dari kawasan pelabuhan Balohan Sabang. Kini pemerintah sedang merampungkan pintu masuk kota Sabang tersebut. Setelah itu mereka juga akan melakukan pembangunan sarana pra sarana di lokasi Teluk Balohan itu untuk olahraga tersebut.

"Mudah-mudahan 2020 pelabuhan ini selesai direnovasi dan harapan kita tahun depan juga akan dibangun sarana pra sarana di lokasi Tel Balohan itu," katanya.

 

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019