Sebanyak 17 peserta Sabang International Freediving Competation (SIFC) 2019 telah berada di pulau terluar Indonesia tersebut, bahkan mereka sudah mulai berlatih untuk mempersiapkan diri mengikuti ajang tersebut awal November mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sabang, Faisal mengatakan para peserta tersebut latihan dan tinggal di sejumlah lokasi di Pulau Weh itu. Mereka mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi tersebut.

"Mereka para peserta datang bersama kru dan keluarganya,” kata Faisal di Sabang, Kamis.

Dia menjelaskan, rata-rata peserta yang telah tiba di Sabang bersama empat orang kru yang bertugas untuk menyiapkan perlengkapan atlet   untuk bertanding. Kata dia, para peserta datang lebih awal agar bisa menyiapkan diri sebelum ajang itu dimulai.

"SIFC dimulai 2 November. Mereka sudah datang sebagian kemarin untuk studi, survei dan latihan di lokasi. Mereka tinggal di Sabang minimal sekitar 20 hari," katanya.

Faisal menyebutkan, SIFC merupakan agenda tahunan yang digelar Pemko Sabang. Perlombaan ini akan diikuti penyelam nasional bahkan internasional. 

Kegiatan ini bertemakan jelajahi Sabang luar biasa dengan nafas tunggal. Event ini akan dimuli 2-7 November mendatang di teluk Balohan.

Kata dia, para penyelam bakal menikmati keindahan, keheningan dan mengeksplorasi kehidupan laut dengan bangkai kapal masa lalu. Menurut dia tahun ini peserta dibatasi 40 orang berasal dari 17 negara.

Pemko Sabang melalui Disparbud optimis SIFC akan berjalan sukses. Pihaknya terus mematangkan persiapan sebelum pembukaan nanti. Bahkan segala kebutuhan peserta saat perlombaan juga telah disiapkan.

“Seluruhnya sudah dipersiapkan, mulai dari tempat istirahat hingga kamar mandi," kata dia.

Adapun kategori utama yang diperlombakan diantaranya Constant Weight (CWT) pada 2-4 November. Kemudian Free Immersion (FIM) yang akan berlangsung pada 5-6 November dan Constant Weight No Fins (CNF) digelar pda 7 November.
 

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019