Harga jual minyak Nilam di Kabupaten Aceh Barat, hingga kini masih dijual dengan harga tinggi sebesar Rp570 ribu per kilogram.

"Sampai saat ini potensi penjualan minyak Nilam di Aceh Barat masih menjanjikan, khususnya bagi kalangan petani," kata seorang agen pengepul, Armansyah Putra di Meulaboh, Jumat.

Menurutnya, tingginya harga jual minyak nilam hasil penyulingan tradisional tersebut, karena sampai saat ini minyak nilam dari Aceh masih sangat diminati untuk pasar dalam negeri maupun di pasar luar negeri.

Baca juga: Petani Aceh Barat enggan jual minyak Nilam karena harga jual stabil

Bahkan untuk kebutuhan dalam negeri, Arman mengaku rata-rata hampir setiap pekan, pihaknya mampu mengumpulkan minyak nilam dari petani paling sedikit mencapai satu ton lebih.

Agar produksi minyak nilam dapat semakin bergairah kepada masyarakat, ia berharap pemerintah daerah agar mampu melakukan pembinaan dan memberikan bantuan, sehingga petani dapat lebih mudah menanam tanaman tersebut guna meningkatkan produksi.

Baca juga: Harga jual naik, petani di Aceh Barat masih enggan jual minyak nilam

Tidak hanya itu, pihaknya berharap agar petani juga dibekali pelatihan agar mampu meningkatkan produksi minyak dan berkualitas tinggi.

"Kalau petani nilam dibina dengan baik, saya yakin Aceh Barat akan mampu menjadi sentra minyak nilam terbaik di Aceh," kata Armansyah Putra menambahkan.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019