Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) akan menggelar seminar bertajuk "International Conference on Science and Innovated Engineering and Sciences (I-COSINE) di Melaka, Malaysia, 9-10 Nopember 2019.

Ketua panita Usman Ph.D di Lhokseumawe, Sabtu mengatakan, kegiatan I-COSINE sudah menjadi agenda rutin PNL yang tahun 2018 digelar di Sabang.

"Seminar internasional ini sudah menjadi agenda rutin kampus kami, tahun lalu kami laksanakan di Sabang, sedangkan tahun ini kami laksanakan di Melaka, Malaysia," kata doktor teknik mesin lulusan di salah satu kampus di Taiwan.

Terkait kesiapan panitia terhadap kegiatan bertaraf internasional itu, Usman mengaku sudah siap.

"Alhamdulillah sudah siap, karena kami juga banyak dibantu oleh teman-teman panitia dari Malaysia. Mengenai tempat acara dan semua akomodasi peserta, sudah kami siapkan. Kami siap menyambut peserta," sebut Usman.

Selanjutnya, kata Usman, 68 orang peserta dari lima negara yang akan mengikuti kegiatan selama dua hari itu. Kegiatan tersebut juga menghadirkan lima orang pemateri.

"Para pemateri itu adalah Prof Ir Dr Sulaiman Wadi Harun dari University of Malaya, Malaysia, Prof Dr Ir Marwan dari Unversitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Dr Waleed S Mohammed, dari Bangkok University, Thailand," teranng Usman.

Selanjutnya ada Prof Dr Ir Kaharuddin University of Malaya, Malaysia dan Prof Dr Zahriladha dari Universiti Teknikal Malaysia, Melaka, Malaysia.

Usman menyebutkan kegiatan seminar tersebut merupakan hal yang sangat penting bagi dosen, karena akan berguna untuk merangsang minat dalam bidang penelitian, khususnya para akademisi.

Untuk itu kegiatan serupa akan terus dilaksanakan oleh PNL dan untuk tahun depan akan dilaksanakan di Indonesia.

"Kegiatan yang sangat bermanfaat untuk dosen ini akan terus dilaksanakan oleh PNL. Doakan saja kami, Insya Allah tahun depan kami merencanakan akan menggelar I-COSINE di Indonesia, tapi kotanya belum kami sepakati," tutur Usman.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019