Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Utara Abdullah Hasbullah mengatakan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW memiliki arti penting terhadap umat Islam karena hal tersebut merupakan suatu bentuk kecintaan kepada Rasulullah.

"Dengan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan bentuk kecintaan umat Islam terhadap Beliau, salah satu selalu mengamalkan segala syariah yang dibawa Rasulullah," kata Abdullah saat kegiatan memperingati hari Maulid Nabi di Rutan kelas IIB Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (9/11).

Dalam kesempatan itu, Abdullah menyampaikan dukungan terhadap program Pesantren Darut Taubah yang merupakan Pesantren binaan Rutan kelas IIB Lhoksukon.

"Kegiatan keagamaan yang telah dibina di rutan dengan hadirnya program pesantren ini juga sekaligus membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Melalui peringatan Maulid ini akan menjadikan santri atau warga binaan agar meneladani sifat-sifat yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan dapat menjadi insan yang mulia serta berguna dunia akhirat," sebutnya.

Selanjutnya, Abdullah berharap agar warga binaan atau santri Pesantren Darut Taubah ini dapat menjalankan ibadah selama berada di rutan dan sekaligus dapat belajar bidang ilmu agama seperti Tauhid, Figih dan Tasawuf yang telah diajarkan.

"Dengan ilmu agama yang didapat dalam pesantren binaan Rutan Lhoksukon nantinya dapat bermanfaat kepada masyarakat dan khususnya pada diri sendiri ketika sudah kembali dalam lingkungan masyarakat, karena tiada manusia yang tidak ada salah dan dosa, tetapi terbaik adalah manusia yang mau bertaubat dan tidak akan mengulanginya lagi," ucap Abdullah.

Pemerintah Aceh Utara berkomitmen akan terus mendukung dan membantu kegiatan pengajian yang telah menjadi kegiatan rutin di Rutan kelas IIB Lhoksukon.

Sementara itu, Ketua MPU Kabupaten Aceh Utara Tgk H Abdul Manan mengajak kepada seluruh peserta pengajian yang hadir khususnya warga binaan rutan Lhoksukon agar mencintai Nabi Muhammad SAW dengan cara memperbanyak shalawat dan meneladani sifat-sifat Rasulullah. Hal tersebut harus ditanamkan pada diri masing-masing.

"Semoga dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini memberikan bekas yang menyentuh hati pada warga binaan, sehingga menjadikan mereka insan yang lebih baik dari yang sebelumnya,"kata Abdul Manan saat memberikan tausiyah kepada warga binaan Rutan Lhoksukon.

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019