Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh menurunkan dua unit speed boat untuk mengevakuasi warga korban banjir.

"Ada salah satu warga lanjut usia di Gampong Lawang, Kecamatan Matangkuli yang harus dievakuasi karenanya rumahnya berdekatan dengan sungai," kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara di lokasi banjir di Gampong Lawang, Selasa sore.

Dikatakan, sejauh ini hanya warga lanjut usia yang rumahnya berada di dekat sungai dilakukukan evakuasi karena dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan, sementara warga lainnya masih bertahan di rumah masing- masing.

Baca juga: Banjir di Aceh Utara meluas, jalan dua desa lumpuh

Sementara dua unit speed boat diturunkan ke lokasi banjir untuk persiapan, jika sewaktu waktu warga kawasan itu harus segera dievakuasi, mengingat air semakin bertambah di pemukiman penduduk.

Amir Hamzah juga menyebutkan, ketinggian air di pemukiman penduduk saat ini bervariasi antara 50 centi meter hingga 1 meter lebih.

Banjir yang melanda sejumlah gampong di kawasan Kecamatan Matangkuli, Pirak Timu dan Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara akibat meluapnya sungai Pirak dan sungai Keureuto.

Baca juga: Sejumlah desa di Aceh Utara banjir

Sejumlah gampong yang terendam banjir di Kecamatan Pirak Timu masing- masing Rayeuk Pange, Teupin Ue, Leupe, Gampong Krueng dan Meunye Tujoh.

Kemudian di Kecamatan Matangkuli di antaranya Gampong Alue Euntok, Tumpok Barat, Hagu, Alue Tho dan Meuria, Siren dan Lawang, sementara di Kecamatan Tanah Luas yakni Tanjong Masjid, Gampong Blang dan Serba Jaman Baroh.
 

Pewarta: Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019