Walikota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan Anugerah Kihajar 2019 yang diterima ibu kota Provinsi Aceh tersebut menjadi pemicu untuk terus memajukan pendidikan di kota setempat.

"Ini sangat membanggakan kita semua, penghargaan ini adalah pemicu bagi kita untuk menguatkan pendidikan di Banda Aceh," katanya, di Banda Aceh, Jumat.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Kamis (14/11) di Jakart, kepada 16 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Dia menyebutkan melalui anugerah tersebut maka pemerintah pusat telah mencatat bahwa Banda Aceh dianggap serius dalam mengurus sektor pendidikan. Dan itu menjadi dorongan pemerintah kota untuk terus meningkatkannya.

"Kita patut bersyukur dengan capaian pendidikan Kota Banda Aceh. Karena dari 514 kabupaten/kota di Indonesia hanya 16 terpilih, termasuk Banda Aceh. Di Aceh bahkan Pulau Sumatera hanya Banda Aceh yang menerima," kata dia.

Aminullah menyatakan bahwa komitmen Kota Banda Aceh dalam memajukan itu telah tertuang dalam visi kota yakni mewujudkan Banda Aceh gemilang dalam bingkai syariah, agama, ekonomi, dan pendidikan.

"Ini dinilai oleh pemerintah pusat bahwa Banda Aceh sangat komitmen untuk memajukan pendidikan," katanya.

Adapun aspek-aspek yang dinilai untuk Anugerah Kihajar 2019 adalah kebijakan, tata kelola, implementasi baik terkait TIK, manajemen, dan komitmen untuk peningkatan sumber daya manusia, dampak pada guru, siswa dan prestasi sekolah, serta inovasi-inovasi yang dilakukan di daerah masing-masing.
 

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019