Walikota Banda Aceh Aminullah Usman menerima Anugerah Insan Cinta Al Quran 2019, yang diberikan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Aceh.

Ketua BKPRMI Aceh Mulia Rahman mengatakan penghargaan itu perdana digelar. Ada enam penerima dari tiga kategori dalam aneugerah itu yakni kepala daerah, tokoh masyarakat, dan ustdz serta ustadzah pengajar Taman Pendidikan Al Quran (TPA).

“Para penerima anugerah ini orang-orang yang yang sangat peduli terhadap pembinaan dan pengembangan TPA, termasuk dalam kegiatan FASI yang kita gelar setiap tahun. Semoga ini dapat menjadi contoh bagi kepala daerah dan tokoh lainnya,” katanya di Banda Aceh, Sabtu.

Piagam itu diserahkan Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Alidar mewakili Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam acara pembukaan Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) XI tingkat Provinsi Aceh di Banda Aceh.

Mulia menyebutkan Aminullah Usman serta para penerima penghargaan lainnya akan diajukan namanya ke pengurus pusat untuk ikut dalam ajang serupa tingkat nasional.

Adapun para penerima Anugerah Insan Cinta Al Quran 2019 lainnya seperti Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, Bupati Aceh Tengah Sabela Abubakar, Wali Kota Subulussalam Affan Alfian Bintang, Illiza Sa’aduddin Djamal sebagai tokoh masyarakat peduli TPA dan Azhar Muchtar sebagai tokoh penggerak TPA.

"Kami juga mendorong agar DPD BKPRMI di daerah juga menggelar anugerah ini agar syiar Islam semakin terangkat ke permukaan,” katanya.

Sementara itu Aminullah menyampaikan apresiasi dan berterimakasih kepada BKPRMI Aceh. Ia tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan itu, lantaran program "membumikan" Al Quran di Banda Aceh yang dilakukan memang hal wajib.

“Dalam visi misi pemerintahan saya pun, agama menjadi pilar utama pembangunan Banda aceh di samping pendidikan, dan ekonomi. Tekat saya menjadikan Banda Aceh sebagai barometer penerapan syariat Islam di Aceh bahkan nasional. Alhamdulillah jika upaya kami selama ini diapresiasi,” kata dia.

Kata dia, penghargaan itu menjadi motivasi untuk terus berbuat yang terbaik bagi umat. Khususnya melalui pembinaan TPA dan FASI, sebagai wadah dan ajang yang sangat penting untuk mencetak generasi muda yang gemilang dalam bingkai syariah. 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019