Dua orang warga disabilitas di Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya hingga kini masih mengharapkan bantuan becak motor dari pemerintah setempat.

Dua orang bersaudara yang cacat sejak lahir tersebut atas nama M Hasyim (59) dan Zulkifli (59) warga Desa Jambo Masi Kecamatan Jaya, Aceh Jaya sudah bertahun-tahun lamanya menggunakan becak sepeda dayung tangan.

“Kalau kita lihat memang sangat memprihatinkan, tangan beliau bahkan sudah tipis dan mulai sakit-sakitan karena mendayung sepeda,” kata T Machmuddin  selaku Sekretaris LSM Kita Peduli Kecamatan Jaya kepada Antara di Calang, Senin (18/11).

Ia menyampaikan bahwa sebelumnya kedua warga disabilitas tersebut sudah pernah mengajukan proposal kepada Bupati Aceh Jaya untuk meminta bantuan becak motor namun hingga saat ini belum ada kejelasan terkait bantuan tersebut.

“ Untuk proposal sudah pernah diserahkan langsung kepada Bupati Aceh Jaya dalam hal meminta bantuan becak motor tersebut, karena alat tersebut  untuk mencari nafkah sehari-hari dan sangat dibutuhkan,” kata T. Machmuddin.  

T. Machmuddin  menyampaikan bahwa kedua orang disabilitas tersebut saat ini tinggal bersama ibunya yang sudah lumpuh.

“Satu rumah mereka tinggal bertiga sama ibunya Hindon (79)  yang sedang lumpuh, dan mereka lah sebagai tulang punggung keluarga sejak meninggal ayah,” katanya.

T. Machmuddin  menambahkan Zulkifli (59) bekerja sebagai penjahit jarring ikan dan bekerja di tambak ikan sedangkan M.Hasyim (59) bekerja sebagai penjahit sandal di pasar Lamno. 

 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019