Kampung/desa Merah Mersa dan Kampung Kuteni Reje Kacamatan Lut Tawar jadi percontohan gerakan PKK di Kabupaten Aceh Tengah.

Kampung Merah Mersa ditetapkan sebagai Kampung Binaan Pola Asuh Anak dan Remaja, sedangkan Kampung Kuteni Reje sebagai kampung binaan pengelolaan Administrasi PKK.

Ketua TP PKK Aceh Tengah, Puan Ratna di Takengon mengatakan kader PKK di kampung binaan tersebut harus berperan aktif melakukan pemberdayaan masyarakat.

"Kami melihat Kelompok Dasa Wisma di kedua kampung telah berperan aktif ditengah masyarakat," kata Puan di sela-sela Sosialisasi Jajanan Sehat.

Puan berharap dengan suksesnya kedua kampung ini sebagai kampung binaan PKK akan menjadi contoh bagi kampung yang lain.

Pada kesempatan yang sama, Camat Lut Tawar, Agus Kasim menyebutkan beberapa kegiatan yang sudah terlaksana diantaranya Sosialisasi Perilaku hidup Islami, sosialisasi pencegahan Narkoba dan Sosialisasi Jajanan sehat 

Bahkan, Desa Wisma kedua kampung juga turut berperan melengkapi administrasi kependudukan khususnya untuk anak berupa Kartu Identitas Anak (KIA) bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Aceh Tengah.

"Berbagai kegiatan yang telah dilakukan menjadi upaya berkelanjutan untuk membuat kampung Merah Mersa dan Kuteni Reje semakin mantap sebagai kampung binaan PKK," kata Agus.

Acara sosialisasi tersebut turut diwarnai penyerahan 175 Kartu Identitas Anak yang tersebar di dua Kampung oleh Puan Ratna disaksikan Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal, Kepala Puskesmas Kota, Reje Kedua Kampung, Kepala SMPN 1 Takengon dan segenap pengurus PKK Kabupaten, Kota dan Kampung yang hadir.

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019