Tingkat angka pengangguran tergambar dari tingginya antusiasme pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kantor Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Aceh Tamiang hingga kini sudah menembus 5.000 orang, sementara yang dibutuhkan cuma 182 orang.

"Dari 5.000-an berkas online yang telah masuk, lebih dari 2.000 berkas di antaranya merupakan pendaftar formasi bidan dengan jenjang pendidikan Diploma III," terang Kepala BKPSDM Aceh Tamiang, Fauziati di Kualasimpang, Aceh.

Ia melanjutkan, meski formasi jabatan bidan menjadi favorit pendaftaran seleksi CPNS Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2019 secara online atau berjaringan, tetapi tidak untuk formasi dokter spesialis yang justru menjadi kebalikannya.

Hingga kini baru ada tiga pelamar mendaftar untuk formasi dokter spesialis dari sembilan lowongan yang tersedia. Ketiga pelamar itu, rincian dia, terdiri dari dua pelamar dokter spesialis bedah umum, dan satu pelamar dokter spesialis anastesi.

"Kami berharap sampai dengan batas waktu 24 November 2019, kuota formasi dokter spesialis dapat terpenuhi. Karena memang tenaga dan keahliannya sangat dibutuhkan dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan di RSUD Aceh Tamiang," terangnya.

Ia menjelaskan, sekitar 80 persen di antaranya pendaftar sudah menyerahkan berkas yang merupakan pelamar di tenaga kesehatan, dan BKPSDM setempat memiliki keyakinan jumlah pelamar CPNS bakal bertambah mengingat waktu pendaftaran masih tersisa dua hari lagi.

"Di penerimaan berkas CPNS kali ini, BKPSDM menyediakan pelayanan khusus bagi pelamar yang sedang dalam kondisi hamil, membawa balita, dan pelamar berkebutuhan khusus. Klinik BKPSDM biasanya melayani urusan penegakan disiplin, dan pensiun PNS telah disulap untuk sementara menjadi loket pelayanan bagi pelamar dengan tiga kondisi tersebut," katanya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang tahun ini telah membuka 182 lowongan CPNS terdiri dari tenaga pendidik 84 orang, tenaga kesehatan 67 orang, dan tenaga teknis 31 orang.

Pelamar CPNS setelah pendaftaran online, maka berkas pendaftaran yang telah lengkap disampaikan secara langsung ke BKPSDM Aceh Tamiang terhitung mulai tanggal 13 hingga 25 November 2019 pada setiap hari kerja pukul 09.00-15.00 WIB.

Sebagai informasi, tata cara pendaftaran dilakukan secara online melalui portal  www.sscasn.bkn.go.id. Sedangkan tahapan seleksi terdiri dari tiga tahap meliputi Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yaitu tes Wawancara Kebangsaan dan tes Intelegensia Umum, serta dan tes Karakteristi Pribadi dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019