Viesta Panen Kopi dan Festival Guel digelar di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, mulai 22-24 November 2019.
 
Kegiatan ini resmi dibuka oleh Bupati Bener Meriah Sarkawi pada Jumat malam (22/11) sebagai serangkaian pelaksanaan Gayo Alas Mountain International Festival (GAMIFest) di daerah itu.
 
"Acara kita pada malam hari ini adalah rangkaian dari kegiatan GAMIFest yang telah dibuka pada Agustus lalu di Kabupaten Gayo Lues," kata Sarkawi.

Baca juga: Air Terjun Tansaran Bidin Bener Meriah juara 1 API Award Surga Tersembunyi
 
Beragam kegiatan tentang kopi kata dia akan ditampilkan selama tiga hari berturut, diantaranya lomba panen kopi, lomba photo viesta panen kopi, lomba kreasi coffee bean, lomba sortir kopi, atraksi pengolahan kopi tradisional, kenduri panen kopi, lomba produk berbasis kopi, lomba mobil kopi dan minum kopi massal, canvas coffee, launching Bamaran Baru Eco-Village, dan booth bazaar-food court.
 
Sedangkan Festival Guel menampilkan atraksi budaya para penari guel di daerah itu. Tari guel merupakan tarian adat tradisional masyarakat Gayo yang dikenal sebagai tarian sakral. Tarian ini menceritakan tentang kisah gajah putih dan kerajaan Linge.

Baca juga: Taman rekreasi air akan dibangun di Bener Meriah
 
"Mudah-mudahan kegiatan tahun ini akan berjalan dengan baik sampai dengan selesai nantinya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif termasuk di bidang pariwisata," tutur Sarkawi.
 
Sarkawi mengatakan dalam hal ini Kabupaten Bener Meriah telah tiga kali menjadi pelaksana kegiatan GAMIFest.
 
Sementara untuk penyelenggaraan GAMIFest tahun 2020 kata dia Bener Meriah akan menjadi tuan rumah.
 
"Tahun kemarin GAMIfest ini dibuka di Aceh Tengah dan ditutup di Bener Meriah. Tahun ini dibuka di Gayo Lues dan ditutup di Bener Meriah. Insya Allah 2020 akan dibuka di Bener Meriah dan akan ditutup di Kabupaten Gayo Lues," kata Sarkawi.
 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019