Kota Langsa, Provinsi Aceh meraih Juara I di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 kategori ekowisata terpopuler Manggrove Forest Park atau taman hutan bakau, setelah meraih suara terbanyak yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Alhamdulillah, malam Kota Langsa mendapatkan dua juara sekaligus di Anugerah Pesona Indonesia tahun 2019. Yang pertama, Juara I kategori ekowisata terpopuler manggrove forest park, dan kedua Manggrove Forest Park Kota Langsa juara sebagai 'Most Favourit Tourism 2019'," terang Wali Kota Langsa, Usman Abdullah ketika tiba di Langsa, Senin.

Baca juga: Destinasi wisata taman hutan mangrove kian bergeliat

Staf Ahli Menteri Pariwasita dan Ekonomi Kreatif Bidang Multikultural, Guntur Sakti telah menyerahkan penghargaan Juara I API kategori ekowisata terpopuler ke Wali Kota Langsa, Usman Abdullah di Balairung Soesilo Soedraman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (22/11) malam.

Usman menyebut, sebagai salah satu kepala daerah di wilayah pesisir timur Aceh, maka atas nama Pemerintah Kota Langsa juga mengucapkan terima kasih ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan panitia penyelenggara kegiatan API tahun ini.

Baca juga: Kota Langsa raih penghargaan pengurangan resiko bencana akibat mangrove

Ajang ini telah menobatkan Manggrove Forest Park Kota Langsa menjadi pemenang baik ekowisata terpopuler maupun wisata terfavorit di Indonesia.

Ia memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Langsa dan Aceh, karena telah mendukungan dalam polling ketika penilaian API terhadap Mangrove Porest Park Kota Langsa.

Baca juga: Pemko: Hutan mangrove Langsa terlengkap di Asia Tenggara

"Keberhasilan ini merupakan hasil dari kerja keras, dan kepedulian kita terhadap Kota Langsa. Dengan dukungan dari semua pihak, hutan manggrove Kota Langsa bisa meraih juara," tukasnya.

Ketua Panitia Pelaksai API 2019, Muhammad Syafaat dalam laporannya, menyampaikan bahwa Anugerah Pesona Indonesia telah berjalan selama empat tahun terakhir, yaitu dimulai tahun 2016 sampai dengan tahun 2019.

Ia mengatakan, pada penyelenggaraan API tahun ini panitia mencatat total perolehan suara sebanyak 896.339 suara yang didapat melalui empat saluran voting, yaitu SMS, aplikasi API Award, aplikasi PrajaTV, dan youtube video channel.

Langsa memperoleh jumlah voting terbanyak di antara semua nominasi-nominasi yang mengikuti ajang ini, sehingga Kota Langsa juga dinobatkan sebagai Most Favourite Tourism 2019.

API merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

"Disamping itu, penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah agar lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing," ujarnya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019