Pemerintah Aceh memberi pelayanan pengobatan gratis bagi lanjut usia (lansia) di Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar, dalam upaya menyejahterakan pulau terpencil yang tercatat banyak memiliki jumlah lansia.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Aceh Isnandar di Banda Aceh Senin mengatakan pengobatan gratis lansia tersebut dalam rangkaian kegiatan bakti sosial, yang merupakan momentum memperingati Hari Lanjut Usia Nasional 2019.

Kata dia, Dinas Sosial Aceh memilih Pulo Aceh untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial karena dinilai sebagai daerah kepulauan terpencil yang memiliki jumlah lansia yang cukup tinggi.

“Tujuannya untuk memberikan penghargaan kepada lansia Pulo Aceh supaya mereka merasa gembira, mungkin selama ini kita belum pernah melakukan kegitan lansia di sini," katanya.

Dia menyebutkan kegiatan itu berpusat di kemukimam Pulo Nasi dan Pulo Brueh. Selain pengobatan gratis dalam bakti sosial itu juga melakukan bedah masjid di Gampong (desa) Lamteng.

Kemudian juga memberi bantuan untuk lansia berupa alat bantu, kursi roda, tongkat ketiak, tongkat kaki tiga, serta bantuan perlengkapan ibadah bagi lansia.

“Bantuan ini agar lansia bisa juga menikmati perlengkapan lansia, terutama kalau lansia ini kan yang paling penting perlengkapan sarana ibadahnya, karena apa yang diharapkan lagi dari lansia selain dari ibadah," katanya.

Camat Pulo Aceh Yusra mengatakan masyarakat setempat berterimakasih kepada Pemerintah Aceh yang telah melakukan bakti sosial dan menyalurkan bantuan untuk lansia di setempat.

Dengan begitu maka para lansia dapat merasakan sentuhan langsung dari pemerintah dalam berupa penyaluran bantuan pengobatan gratis dan kegiatan-kegiatan lainnya.

“Terimakasih kami ucapkan kepada Dinas Sosial Aceh yang telah melakukan kegiatan bakti sosial di sini,” katanya.

 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019