Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyebutkan ibadah natal umat kristiani di provinsi yang menerapkan syariat Islam tersebut berlangsung damai.

"Kami pasti bahwa ibadah natal umat kristiani berlangsung aman, nyaman, dan damai," kata Plt Gubernur Nova Iriansyah di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan tersebut disampaikan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah usai memantau pengamanan ibadah natal di Gereja Katolik Hati Kudus Banda Aceh.

Pemantauan diikuti Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Aceh.

Gubernur menyebutkan pemerintah daerah terus berkoordinasi dengan kepolisian, TNI, dan masyarakat terkait pelaksanaan ibadah dan perayaan natal dan tahun baru umat kristiani.

Untuk Aceh, sebut Nova Iriansyah, toleransi umat beragama sangat tinggi dan pemerintah daerah bersama masyarakat memastikan ibadah dan perayaan natal tersebut berlangsung damai.

"Menyangkut dengan pengamanan, pola koordinasinya sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Jadi, kunjungan Forkompinda untuk mengecek apakah semuanya berjalan dengan baik," kata Nova Iriansyah.

Eliani Ginting, jemaat Gereja Hati Kudus, berterima kasih atas dukungan yang diberikan, sehingga mereka bisa melaksanakan misa natal dengan nyaman dan damai.

"Saya di Aceh lebih nyaman beragama dibandingkan di kampung halaman saya. Keimanan saya di Aceh lebih baik karena toleransi beragama di Aceh sangat baik," kata Eliani Ginting.

Wanita asal Berastagi, Sumatera Utara, tersebut mengaku hidup rukun dengan masyarakat Aceh yang mayoritas muslim. 

"Masyarakat di lingkungan tempat tinggal saya di Aceh juga mendukung kami beribadah. Kami berharap perbedaan di Aceh tetap terjaga," kata Eliani Ginting.

Selain Gereja Hati Kudus, Plt Gubernur bersama Kapolda Aceh, Pangdam Iskandar Muda beserta unsur Forkopimda, memantau pengamanan tiga gereja lainnya di Kota Banda Aceh.

Nova Iriansyah bersama Irjen Pol Rio S Djambak dan Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko  menyerahkan bingkisan kepada personel Polri dan prajurit TNI yang melaksanakan tugas pengamanan gereja.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019