Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banda Aceh mengimbau wisatawan yang berkunjung ke Pulau Weh, Kota Sabang, tidak membawa mobil karena akan merepotkan saat penyeberangan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh Muzakkir Tuloet di Banda Aceh, Jumat, menyebutkan pelayaran kapal penyeberangan saat libur tahun baru nanti diperkirakan membludak.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, penumpang ke Sabang membludak, sehingga pelayaran kapal penyeberangan ditambah," kata Muzakkir Tuloet.

Muzakkir Tuloet menyebutkan alasan wisatawan disarankan untuk  tidak membawa kendaraan bermotor, khususnya mobil ke Sabang, yakni akan merepotkan saat masuk kapal.

"Kapal yang mengangkut kendaraan hanya dua. Jadi, kalau tidak dapat trip terpaksa menunggu lagi. Jadi kami sarankan parkirkan kendaraan di Pelabuhan Ulee Lheue," kata Muzakkir Tuloet.

Untuk transportasi selama di Sabang, sebut Muzakkir Tuloet, wisatawan bisa menyewa kendaraan di pulau tersebut. Dan ini juga membantu perekonomian masyarakat Sabang.

Sebelumnya, banyak wisatawan luar Aceh yang membawa mobil, menyeberangkan kendaraan ke Sabang. Waktu kembali, mereka tertahan di pelabuhan karena kendaraan mereka belum bisa kembali.

Oleh karena itu, Muzakkir Tuloet menyarankan wisatawan memarkirkan kendaraannya di Pelabuhan Ulee Lheue. Lahan parkir di pelabuhan itu cukup luas dan keamananya juga terjamin.

"Saran ini kami sampaikan agar wisatawan merasa nyaman berlibur di Sabang, tidak direpotkan dengan persoalan naik turun mobil di kapal," kata Muzakkir Tuloet.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019