Polres Aceh Barat melakukan tes urine terhadap sejumlah sopir angkutan umum di Kompleks Terminal Bus Meulaboh untuk memastikan tidak ada pengemudi angkutan umum yang mengkonsumsi narkoba saat mengangkut penumpang.

"Dari sejumlah sopir angkutan yang kita periksa urinenya, semuanya negatif. Belum ditemukan yang mengkonsumsi narkoba," kata Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda SIK melalui Kepala Bagian Operasi Kompol Masril, Senin malam.

Menurutnya, pemeriksaan urine tersebut dimaksudkan agar memelihara keamanan dan ketertiban menjelang pergantian tahun, sekaligus menghindari adanya senjata tajam, narkotika yang diangkut menggunakan kendaraan umum.

Tidak hanya itu, kepolisian juga melakukan pengecekan terhadap barang bawaan penumpang di setiap angkutan umum sebelum keberangkatan.

Namun dalam pemeriksaan ini, polisi juga belum menemukan adanya barang bawaan penumpang yang berbahaya atau dilarang.

Kompol Masri menegaskan, operasi cipta kondisi yang digelar tersebut bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan bagi masyarakat yang akan berangkat ke luar daerah menggunakan angkutan umum, sehingga dapat tiba dengan selamat di tempat tujuan.

Pemeriksaan urine juga dimaksudkan agar para sopir angkutan umum tidak mengkonsumsi narkortika saat mengangkut penumpang, karena sangat berbahaya bagi keselamatan masyarakat dan pengguna jalan, tutupnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019