Unsur pimpinan legislatif Banda Aceh meminta kepada Dinas Pariwisata Banda Aceh agar segera meluncurkan kalender wisata, terutama bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke daerah berjuluk "Kota Serambi Mekkah" agar mereka dapat mengetahui kegiatan wisata yang digelar sepanjang tahun ini.

"Hal ini penting, apalagi pada tahun 2020 ini Banda Aceh menargetkan lebih dari setengah juta kunjungan wisatawan," kata Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar di Banda Aceh, Rabu.

Baca juga: DPRK Banda Aceh sarankan Dispar gencar promosi wisata

Hal ini diungkapkan Farid usai mengunjungi Dinas Pariwisata Banda Aceh bersama kedua Wakil Ketua DPRK setempat, yakni Usman dan Isnaini Husda yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Banda Aceh Iskandar dan beberapa pejabat instansi ini.

Menurutnya, dengan melakukan peluncuran kalender pariwisata Banda Aceh tahun 2020 dan kemudian menyebar kalender tersebut di tempat-tempat yang strategis, maka semakin mudah bagi wisatawan menjangkau.

Baca juga: Gaet wisatawan, Banda Aceh mulai kembangkan "sport tourism"

Ia melanjutkan, kalender itu perlu diletakkan di tempat-tempat yang lazim disinggahi para traveller di antaranya hotel, penginapan, dan biro perjalanan, terutama di luar provinsi paling barat Indonesia ini.

"Kalau kelender pariwisata selama ini sudah memadai, namun perlu dibuat lagi dalam bentuk sistematis dari mulai awal tahun hingga akhir tahun," tegas dia.

Ia mengatakan kalender ini bertujuan agar orang yang ingin berkunjung ke Banda Aceh mengetahui kegiatan apa saja yang akan digelar sepanjang tahun ini.

"Jadi mulai dari bulan Januari sampai Desember 2020, mereka bisa menyesuaikan tanggal kedatangannya ke Banda Aceh," tutur Farid.

Kepala Dinas Pariwisata Banda Aceh, Iskandar mengatakan sangat mengapresiasi atas kunjungan pimpinan DPRK setempat sebagai bentuk perhatian untuk memajukan pariwisata di daerah berjuluk "Kota Serambi Mekkah".

"Khusus untuk kalender wisata, kini sedang dalam penyusunan. Mudah-mudahan pekan depan sudah selesai, dan segera akan kita luncurkan kegiatan pariwisata Banda Aceh tahun 2020," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020