Sebanyak 25 tim olahraga menembak meramaikan lomba berburu hama babi hutan yang diselenggarakan oleh Persatuan Menembak Angkatan Darat (Perbakad) Korem 012 Teuku Umar di wilayah barat Aceh.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 TNI dan HUT ke-63 Kodam Iskandar Muda tahun 2019,” kata Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko yang dibacakan oleh Kasdam Brigjen TNI A Daniel Chardin, Kamis (16/1) sore di Meulaboh.

Ada pun lokasi kegiatan berburu tersebut dilaksanakan di dua lokasi yaitu di kebun PT Karya Tanah Subur (PT KTS) di Desa Padang Sikabu, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat.

Kemudian di kawasan kebun PT Socfindo di Desa Seunagan, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh.

Sedangkan tim yang ikut dalam lomba ini, kata Brigjen TNI A Daniel Chardin, terdiri dari satu tim dari Provinsi Sumatera Utara, dua tim Kodam Iskandar Muda, empat tim Polres Aceh Barat, empat tim Polres Nagan Raya, satu tim Korem 011 Lilawangsa, satu tim Korem 012/TU dan dua tim perangkat Singkil.

Menurut Pangdam Iskandar Muda, olahraga menembak adalah olahraga kompetitif yang melibatkan kemahiran antara akurasi dan kecepatan dalam menggunakan senjata api maupun senapan yang salah satu cabangnya adalah berburu. 

Kegiatan ini juga sebagai wahana untuk meningkatkan profesionalisme atlit-atlit berburu Perbakad dan Perbakin Aceh dan Sumatera Utara, sehingga kedepan prestasi olahraga menembak berburu semakin meningkat.

Perlombaan tersebut dinilai mampu memberikan dampak positif bagi para petani, karena babi hutan merupakan salah satu hewan yang termasuk kategori hama bagi lahan petani.

“Perlombaan itu juga ditujukan untuk memelihara kelestarian lingkungan,” ujar Kasdam Iskandar Muda, Brigjen TNI A Daniel Chardin.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020