Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh membangun sepuluh taman digital di daerah itu sepanjang 2019.

Kepala Dinas Kominfo Bener Meriah Irmansyah di Redelong Kamis mengatakan seluruh taman digital tersebut dibangun menggunakan dana Otsus.

Menurutnya saat ini masyarakat sudah dapat mengakses jaringan internet lewat taman-taman digital tersebut yang seluruhnya tersebar di tempat-tempat publik.

"Masyarakat dapat mengaksesnya secara gratis," kata Irmansyah.

Dia menyebut ke sepuluh taman digital itu masing-masing tersebar di ruang-ruang publik yakni di Komplek Masjid Al Falah Pondok Baru, Lapangan upacara SMPN 1 Bukit, Rumah Adat Pitu Ruang.

Lapangan Bola Pante Raya, Taman Lampahan, Taman Harmoni, Kampung Bale Atu, Taman Depan Kantor Setdakab Bener Meriah, Komplek Terminal Ketipis, Ruang Tunggu Disdukcapil, dan Media Center Diskominfo setempat.

Irmansyah menambahkan pihaknya saat ini juga menargetkan pemasangan akses jaringan seluler untuk kawasan jalur lintas Kabupaten Bener Meriah-Aceh Utara.

"Terutama Telkomsel, karena jalur provinsi ini sudah ramai dilintasi masyarakat baik kenderaan angkutan seperti bus, truk, dan kendaraan pribadi," sebut Irmansyah.

Selain itu kata Irmansyah pihaknya di tahun ini juga akan melakukan pendataan dan pembuatan email jaringan komunikasi informasi untuk seluruh SKPK, kecamatan, Puskesmas, dan seluruh kampung.

"Ke depanya proses administrasi dan surat menyurat akan dilakukan secara elektronik," kata Irmansyah.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020