Ratusan masyarakat terlihat masih memadati Pelabuhan Penyeberangan Balohan Sabang pada Minggu sore, meskipun libur akhir pekan telah berakhir. 

Para penumpang tidak hanya berdatangan dari Banda Aceh ke Sabang, tetapi begitu juga dengan tujuan sebaliknya, yang ramai dan memadati Pelabuhan Balohan.

"Mungkin karena libur imlek dan weekend makanya sampai sore ini masih ramai yang datang ke Sabang," kata Novi, salah seorang penumpang dengan tujuan Banda Aceh.

Sejak Jumat (24/1) lalu, Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh dan Pelabuhan Balohan terpantau padat, mengingat libur akhir pekan kali ini juga bertepatan dengan perayaan imlek.

Hingga Minggu sore, kondisi cuaca juga terlihat cerah. Proses penyeberangan kapal cepat dan kapal lambat juga berjalan lancar tanpa ada kedala akibat faktor cuaca. 

Untuk diketahui, Sabang merupakan pulau paling barat Indonesia. Jaraknya sekitar 14 mil dari perairan Kota Banda Aceh sebagai ibukota Provinsi Aceh. Menuju ke Sabang dapat menggunakan  kapal cepat dan kapal lambat dari Pelabuhan Ulee Lheu.

Pulau itu memiliki penduduk sekitar 40.000 jiwa. Dulu Sabang pernah menjadi kawasan perdagangan bebas, hingga akhirnya ditutup pada 1986. Pulau ini menyimpan banyak kekayaan alam, salah satunya wisata bahari serta aneka spesies langka di laut.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020