Sebanyak 20 mahasiswa mengikuti pelatihan pemimpin yang digelar Madrasah Diniyah Takmiliyah Aljami'ah (MDTA) Akademi Dakwah Indonesia (ADI) Aceh

Ketua panitia pelaksana pelatihan kepemimpinan ADI Aceh M Reza Adlani di Banda Aceh, Senin, mengatakan kegiatan tersebut berlangsung di kompleks Markas Dewan Dakwah Aceh, Gampong Rumpet, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, mulai 27 hingga 29 Januari mendatang.

"Kegiatan dengan tema mencetak generasi muda sebagai calon pemimpin umat ini diikuti 20 mahasiswa dan dibuka secara resmi oleh Direktur MDTA ADI Aceh Prof Muhammad Ar," kata M Reza Adlani.

M Reza mengatakan pelatihan kepemimpinan tersebut merupakan kegiatan rutin dilaksanakan untuk mengisi masa libur mahasiswa agar lebih bermakna dan bermanfaat. 

"Selain itu untuk mendidik dan melatih mahasiswa sebagai kader dakwah agar mampu menjadi pemimpin umat di masa akan datang yang sesuai dengan ajaran Islam," kata M Reza Adlani.

Pelatihan kepemimpinan diisi sejumlah pemateri berkompeten di bidangnya, di antaranya Prof Muhammad Ar, Prof Tgk Hasanuddin Yusuf Adan, Abizal M Yati, dan lainnya.

Direktur MDTA ADI Aceh Prof Muhammad AR mengatakan pelatihan kepemimpinan bermanfaat bagi mahasiswa ADI karena mereka nantinya juga akan bertugas di lapangan sebagai dai untuk masyarakat.

"Dengan demikian ilmu yang mereka peroleh dari berbagai sumber di pelatihan itu akan dapat membekali mereka di saat bertugas di tengah-tengah masyarakat," kata Prof Muhammad AR.

Selain menambah pengetahuan, wawasan, dan pembentukan syakhsiah, para mahasiswa ADI dapat pula menambah bekalnya itu dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan global yang semakin pesat dengan hadirnya teknologi informasi yang tidak dapat dinafikan.
 
"Kami mengharapkan para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan serius dan tuntas. Yang lebih utama adalah ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan di kehidupan nyata dalam masyarakat," pungkas Prof Muhammad AR.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020