Unit Kegiatan Mahasiswa Turtle Diving Club (UKM- TDC) Universitas Malikussaleh Aceh Utara kembali mengadakan sertifikasi selam open water atau perairan terbuka guna melahirkan penyelam muda profesional.

"Kegiatan ini telah digelar sejak 24 hingga 28 Januari 2020 di Gapang, Sabang, sertifikasi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan anggota UKM- TDC Unimal," kata Ketua Pelaksana Haikal Azzuari dalam keterangan tertulis diterima Antara di Aceh Utara, Rabu malam.

Kegiatan sertifikasi selam ini, kata Haikal, merupakan ke-3 yang diikuti oleh 13 peserta yakni dari anggota UKM Turtle Diving Club Unimal.

Dikatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menunjang kemampuan anggota  UKM Turtle Diving Club dalam dunia penyelaman.

Sementara Ketua Umum UKM Turtle Diving Club Unimal Afrizal mengatakan kemampuan menyelam dan materi yang diajarkan harus melalui tiga tahapan agar bisa lolos sertifikasi.

Ketiganya masing- masing mengikuti Pendidikan Akademik Penyelaman (PAP), kemudian Latihan Keterampilan Kolam (LKK) dan Ujian Materi serta Latihan Perairan Terbuka (LPT).

“Kegiatan ini juga telah melahirkan para penyelam muda yang bergerak dalam bidang pelestarian lingkungan bawah laut, sains dan riset, menciptakan kader-kader penyelam yang intektual dan profesional,” kata Afrizal menjelaskan.

Disebutkan sertifikasi ini langsung diuji oleh instruktur selam dari Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Dahlan ZA.

"Peserta memiliki kewajiban untuk mengikuti tahap ujian sertifikasi baik tertulis maupun di perairan terbuka," tambah Afrizal.

Selama berlangsung, sambung Afrizal, para peserta mengapresiasi jalannya kegiatan ini, walaupun anggaran yang didapat dalam pelaksanaannya sangat minim, namun dengan kerja keras dan semangat panitia bersama para peserta acara ini dapat berjalan baik dan sukses.

“Dengan implementasi kegiatan ini, penyelam Turtle Diving Club Unimal telah menciptakan penyelam yang intelektual, profesional dan bertanggung jawab untuk menjaga pelestarian laut, khususnya wilayah Aceh Utara dan sekitarnya," ujarnya.

Ke depannya Turtle Diving Club Unimal akan membuka rekrutmen anggota baru untuk mahasiswa Unimal yang ingin menyalurkan hobi dan minat bakat dalam dunia penyelaman.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor Universitas Malikussaleh Dr H Herman Fitrah, ST MT IPM ASEAN ENG dan pembina UKM Turtle Diving Club Unimal, Dr Zulfikar, SPi MSi, M Fauzan, ST MT dan Saiful Adhar, SSi MP yang telah mendukung kegiatan ini.

Pewarta: Zubir

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020