Anggota Komisi III DPR-RI asal Aceh H M Nasir Djamil mendesak Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di China segera mengevakuasi para mahasiswa dan seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) dari negara itu.

Hal tersebut dianggap mutlak dan mendesak mengingat situasi yang menyulitkan mereka dalam mendapatkan makanan menyusul penyebaran virus corona.

Baca juga: Pemprov Aceh tanggung biaya tiket pulang mahasiswa di China, selain di Wuhan

“Bukan sekedar uang, tapi para mahasiswa Indonesia di China, butuh makanan. Saat ini mereka sangat sulit dalam mendapat makanan dan minuman yang sehat khususnya mereka yang menetap di Kota Wuhan,” ujar Nasir Djamil, Jumat (31/1).

Menurutnya, cara yang paling mudah untuk menyelamatkan mahasiswa dan WNI dari China adalah dengan mengevakuasi dan membawa mereka ke Jakarta. Atau dipulangkan ke daerah asal, termasuk ke Aceh.

Baca juga: Dinkes sediakan 100 set APD tangani pasien virus corona

Kendati demikian, Nasir berharap keluarga dari para mahasiswa tidak perlu cemas dan takut dengan wabah corona di China, karena para mahasiswa asal Indonesia sudah solid dan mereka bisa mencari titik aman.

“Keluarga tidak perlu khawatir, apalagi sebagian dari mahasiswa khususnya dari Aceh sudah kembali ke tanah air. Selebihnya akan diupayakan oleh pemerintah,” ujar Nasir.

Ia mengharapkan Kemlu dan Kedubes RI di China untuk memulangkan para WNI, termasuk mahasiswa dari China ke Jakarta.

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020