Polisi Sektor Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara melakukan koordinasi dengan petugas Puskesmas setempat terkait pencegahan, deteksi dini serta penanggulangan pertama jika ada warga di daerah itu yang terjangkit wabah virus corona.

Koordinasi tersebut dilakukan Kapolsek Langkahan Iptu Samsul Bahri SH didampingi Bhabinkamtibmas Brigadir Irvan dengan Kepala Puskesmas Simpang Tiga, Kecamatan Langkahan Samsul Bahri, SKM, MKM, di Pukesmas itu, Rabu (5/2).

Baca juga: 52 TKA asal China di Nagan Raya Aceh bebas virus corona

Kapolsek Samsul Bahri mengatakan bahwa wabah virus Novel Corona atau dinamai 2019-nCov yang pertama kali diketahui terdeteksi di Cina tersebut sedang menghawatirkan banyak pihak akhir-akhir ini, khususnya di daerah itu dan umumnya Indonesia.

Dikatakan virus itu kini dilaporkan telah menyebar ke berbagai negara di antaranya Australia, Thailand, Malaysia, Singapura dan terbaru adalah Jerman, meski demikian di Indonesia sendiri hingga kini belum ditemukan adanya warga yang terjangkit atau masih negatif dari virus dimaksud.

Baca juga: RSUCM Aceh Utara terima 30 set APD tangani pasien virus corona

“Kendati demikian, kewaspadaan dan antisipasi harus tetap dilakukan,” tegas Kapolsek Samsul Bahri.

Hasil koordinasi tersebut dikatakan bahwa gejala klinis yang ditimbulkan dari infeksi virus corona itu antara lain demam tinggi, batuk-pilek dan gangguan pernapasan.

Jika ada warga yang merasakan gejala- gejala seperti itu maka disarankan untuk segera periksa diri Anda.

Sementara langkah preventif untuk pencegahan virus corona dimaksud di antaranya sering cuci tangan dengan sabun dan air bersih, hindari menyentuh mata, mulut atau hidung dengan tangan yang tidak bersih.

Kemudian hindari kontak langsung dengan orang-orang yang tidak sehat tanpa alat pelindung diri, pakailah masker saat beraktivitas di luar ruangan dan di tempat-tempat umum.

Selanjutnya istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih, pola makan yang teratur serta konsumsi buah- buahan.

Pewarta: Zubir

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020