Pemerintah Aceh berkomitmen untuk memberikan fasilitas beasiswa untuk mahasiswa di berbagai tingkatan pendidikan guna mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

“Selama ini dalam mengembangkan SDM unggul, Pemerintah Aceh telah menjalankan berbagai program dan kebijakan. Salah satu pintu masuk paling tepat adalah melalui pendidikan," kata Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Jakarta, Minggu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela melantik pengurus Ikatan Mahasiswa Pascasarjana (IMPAS) Aceh - Jakarta periode 2020-2021, di Mess Aceh, Cikini, Jakarta Pusat.

Ia menjelaskan  sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 28 Tahun 2019 tentang Beasiswa Pemerintah Aceh, pada tahun tersebut pihaknya telah menyalurkan beasiswa kepada lebih dari 1.700 mahasiswa dengan anggaran sekitar Rp170 miliar. 

"Sebagian besar beasiswa diterima oleh mereka yang kurang mampu. Mereka tidak hanya menempuh pendidikan di Aceh, tetapi juga di beberapa universitas ternama di Indonesia dan Internasional," katanya.

Selain untuk mahasiswa, beasiswa juga diberikan untuk siswa yatim tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menangah Atas (SMA) guna memberikan kesempatan pendidikan yang layak. 

Ia menambahkan Pemerintah Aceh juga telah menaikkan jumlah beasiswa di tahun 2017, yakni dari Rp1,8 juta menjadi Rp2,4 juta per orang selama setahun. 

Ia menywbutkan hingga akhir Mei 2019, telah disalurkan untuk sekitar 97.500 anak yatim di seluruh Aceh.

Ia menambahkan, Pemerintah Aceh juga menyelenggarakan pendidikan vokasional di berbagai bidang, penyediaan fasilitas pendidikan yang lengkap, pemerataan rasio guru di seluruh daerah, peningkatan kompetensi guru dan mendukung lembaga pendidikan tinggi atau universitas di Aceh. 

"Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, beberapa pencapaian telah kita raih. Salah satunya, pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019, Aceh berhasil menempati lima besar dari 34 Provinsi di Indonesia dari sisi jumlah pelajar yang diterima di perguruan tinggi melalui jalur seleksi SNMPTN," katanya.

Begitu juga katanya, pada 2018 tingkat kelulusan siswa-siswi Aceh di perguruan tinggi negeri dan swasta ternama, Aceh menempati urutan lima besar dari 34 provinsi di Indonesia. 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020