PT Mifa Bersaudara dan PT Bara Energi Lestari serta PT Cipta Kridatama yang beroperasi di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, meraih penghargaan nihil kecelakaan kerja pada tahun 2019 (Zero Accident Award 2020) dari Pemerintah Provinsi Aceh yang diserahkan di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Senin (10/2).

Penghargaan diraih karena perusahaan yang bergerak di industri tambang batu bara tersebut komit dalam menerapkan dan mengimplementasikan peraturan perundang-undangan, persyaratan dan ketentuan penerapan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yang ditetapkan pemerintah.

Baca juga: Komit jalankan CSR, Mifa Bersaudara bantu pembangunan Masjid Paya Peunaga

“Kami sangat berterima kasih kepada tim Disnaker Aceh dan bapak Gubernur Aceh yang telah berperan melakukan pembinaan dan pengawasan rutin terkait penerapan Budaya K3, Alhamdulillah PT Mifa Bersaudara mendapatkan lagi Zero Accident Award tahun 2020, tentunya ini merupakan tantangan untuk terus dipertahankan dari tahun ke tahun sebagai warga corporate yang baik,” kata Wakil Kepala Teknik Tambang PT Mifa Bersaudara Indra Basudewa di Meulaboh.

Baca juga: Mifa Bersaudara tuntaskan sarana MCK di Konservasi Penyu Barsela

Menurutnya, selama ini pihaknya telah menjalankan beberapa program konkrit terkait aspek K3, mulai dari pengawasan kinerja operasional, sosialisasi keselamatan kerja yang rutin hingga berbagai kampanye program kesehatan.

Baca juga: Dana CSR harus mampu gratiskan umrah pegiat agama

Selain itu, manajemen perusahaan juga turut menggelar kegiatan olahraga untuk optimalisasi kemandirian masyarakat berbudaya K3 pada era revolusi industri 4.0 yang berbasis teknologi informasi.

Menurutnya, pengelolaan lingkungan dan keselamatan pertambangan diwujudkan dalam kebijakan sistem manajemen terintegrasi yang diistilahkan dengan Mifa Integrated Management System (MIMS).

MIMS merupakan sistem yang dirumuskan dan diterapkan perusahaan untuk pengendalian manajemen mutu, K3 pertambangan, lingkungan hidup, Keselamatan Operasi (KO) pertambangan, keamanan dan tanggung jawab sosial secara berkelanjutan dalam seluruh tahapan kegiatan operasi penambangan untuk kepuasan pelanggan, mengendalikan risiko dan dampak dari kegiatan penambangan, jelasnya.

"Penerapan K3 menjadi komitmen perusahaan dan menjadi bagian penting dari sistem manajemen terintegrasi Mifa Bersaudara. Untuk itu perusahaan selalu mengimbau dan mengkampanyekan kepada karyawan agar budaya K3 selalu melekat kepada karyawan dimanapun dan kapanpun," kata Indra Basudewa.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020